Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Dishub Tuban Uji Coba Jalur Roda Dua Di Jalan Basuki Rahmad

Dishub Tuban Uji Coba Jalur Roda Dua Di Jalan Basuki Rahmad

7 April 2016 2:45 pm | diplublikasikan oleh |
 
 
Kim Ronggolawe – Upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban dan Forum Lalu Lintas (Dishub, PU, Camat, Tokoh Masyarakat dan Kepolisian) untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalan Basuki Rahmad mulai diterapkan hari ini Kamis (07/04) dengan memberlakukan jalur uji coba khusus pengendara roda dua dari arah barat ke timur.Hal ini dilakukan karena usulan dan keluhan masyarakat terkait seringnya terjadi kemacetan dan kurang tertibnya pengguna jalan dalam berlalu lintas, serta untuk lebih menertibkan parkir sepanjang jalan Basuki Rahmad dibawah pengawasan Dinas Perhubungan.
 
Menindak lanjuti rapat yang digelar di Kantor Dishub Tuban dengan unsur terkait, Selasa (29/03) menjelaskan bahwa jika sebelumnya jalan yang lebarnya kurang lebih tujuh meter tersebut dibagi menjadi dua dengan kisaran lebar 3,5 meter per lajur. Maka ke depan jalan dari arah barat ke timur yang digunakan pengguna sepeda motor akan dipersempit dengan lebar sekitar 2,5 meter.
“Uji coba awal dilaksanakan hari ini dengan menyisir jalur kawasan bisnis terlebih dahulu, setelah itu di kawasan jalur yang banyak rumah warga,” kata Paraith.
“Lajur dari timur ke barat akan lebih lebar, dengan pertimbangan karena dilalui roda dua dan roda empat, serta akan digunakan sebagai tempat parkir,’’ terang Kepala Dishub Tuban, Paraith A.
Paraith menambahkan, adapun uji coba dan sosialisasi akan dilaksanakan mulai hari ini, Kamis 7 April 2016 hingga Sabtu 9 April 2016, dari perempatan Kantor Pegadaian hingga pertigaan “Gardu Papak”. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan mengambil uji coba di jalur perempatan “Kembang Ijo” hingga perempatan “Sambong”.
Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti akan dipasang juga pembatas jalan berupa police line (garis polisi) dan rambu-rambu lalu lintas. Jika hal itu bisa diterapkan, maka baru dibuat marka yang sebenarnya.
“Hal ini untuk melihat respon dari masyarakat dulu. Jika dinyatakan berhasil, maka akan diterapkan,” ujarnya.
Harapannya, dengan uji coba tersebut dapat diketahui perilaku masyarakat dalam berkendara, mengetahui jumlah antrian dengan jelas dan menata parkir dengan benar. “Juga bisa mengurai kemacetan, dan selanjutnya akan kita lakukan rapat evaluasi dengan Forum Lalu Lintas pasca uji coba perubahan lajur kawasan tertib lalu lintas dan masyarakat bisa ikut pro aktif melalui saran/masukan dengan mengirim sms ke nomor 085204482635’’ pungkasnya. (CH)
 
 
 
 
Komentar Facebook
This post was written by kimronggolawe
About

Admin Web kimronggolawe.com

No comment for Dishub Tuban Uji Coba Jalur Roda Dua Di Jalan Basuki Rahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.