Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Harga Cabai Tak Sebaik Tahun Lalu

Harga Cabai Tak Sebaik Tahun Lalu

8 April 2016 12:31 pm | diplublikasikan oleh |

Kim Ronggolawe 08/04/2016  Pemandangan berbeda terlihat di beberapa minggu terahir ini disaat sore hari,terutama di sepanjang jalan yang di lalui oleh para petani selepas mnjalankan aktifitasnya di ladang. ya memang saat ini para petani sebagian besar sudah mulai memanen cabai yang beberapa bulan lalu di tanamnya.

 Seperti sore tadi dari pantaun KIM Ronggolawe  di sepanjang jalan menuju ladang di Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten tuban. nampak berjajar jagrak (alat penyangga neraca terbuat dari bambu atau kayu)  terdapat tiga tempat yang sudah di tempati oleh para pembeli cabai tersebut, walaupun masih beberapa persen yang sudah panen cabai, namun para pembeli ini dengan setia menunggu para petani yang membawa hasil panenya untuk dujual.

   Menurut salah satu pembeli Mikdharoridlo yang sudah menekuni profesi musiman ini bertahun tahun mengatakan bahwa untuk cabai musim tahun ini kwalitasnya jauh berbeda dengan tahun lalu. lebih baik tahun lalu ” kwalitasnya sangat lebih baik tahun lalu , mungkin di pengaruhi oleh faktor cuaca” tambah bapak satu anak ini. dari keteranganya pula untuk harga tahun ini pun juga lebih baik musim lalu karena di musim lalun awal musim panen cabai masih kisaran Rp 30.000 bahkan sampai menembus angka tertinggi Rp. 50.000 per kilogramnya sedangkan untuk tahun ini awal panenan hanya mencapai kisaran Rp. 17.000 – Rp. 20.000 perkilogramnya. sedangkan untuk harga cabai saat ini adalah Rp.5.000 saja.

  Memang untuk musim penghujan tahun ini kelihatanya tidak berpihak kepada para petani khususnya yang di kawasan Kecamatan Kerek dan sekitarnya, karena saat musim tanam cabai pun juga harus berkejaran dengan curah hujan yang tidak menentu, sebab saat petani selesai tanam, langsung panas selang beberapa pekan baru hujan kembali sehingga tak sedikit para petani yang harus menanam bibit cabai sampai berulang – ulang.
   Lebih lanjut Mikdharoridlo menambahkan bahwa untuk sehari hanya dapat kurang lebih 1 sampai 2 kwintal saja kalau di tahun lalu bisa mendapatkan 5 kwintal bahkan lebih. hal senada juga di sampaikan oleh Jaswadi sesama pembeli cabai yang menunggu para petani cabai menjual hasil panenya di dekat pintu masuk Desa Kedungrejo. [AM]

Komentar Facebook
This post was written by kimronggolawe
About

Admin Web kimronggolawe.com

Categorised in: ,

No comment for Harga Cabai Tak Sebaik Tahun Lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.