POKTAN Margo Rukun bagi Bibit Tembakau Gratis

IMG_20160530_093806-picsay  KIM Ronggolawe – Setelah menunggu kurang lebih satu sentengah bulan, ahirnya warga Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban bisa bernafas dengan lega, khususnya para petani tembakau yang menunggu persemaian dari pembibitan Kelompok Petani (POKTAN) yang di ketuai oleh Mat Shodik tersebut. pasalnya hari ini Senin 30/05/2016 Poktan Margo Rukun melakukan pembagian bibit tembakau kepada para petani secara cuma cuma. seperti dalam pemberitaan sebelumnya ( baca :POKTAN Margo Rukun Dapatkan Kucuran Dana 50 Juta ) yang mana dana tersebut digunakan untuk  opresional serta sewa lahan.

Dalam pembagian bibit ini Poktan Margo Rukun juga mengundang tiga pilar desa baik dari Babinkantibmas, Babinsa, serta di hadiri oleh perwakilan UPTD Pertanian Kecamatan Kerek namun untuk Kepala Desa Kedungrejo tidak dapat menghadiri acara tersebut di karenakan ada urusan pemerintaahan di luar kota.

Dari pihak UPTD Petanian yang di wakili oleh Suryadi menyatakan bahwa kedungrejo adalah salah satu potensi untuk penanaman tembakau serta perlu adanya pembimbingan serta penyuluhan yang baik agar para petani di desa itu bisa mengembangkan hasil pertanianya ” Biasanya para petani tembakau hanya menanam tanpa adanya penyuluhan dan pembimbingan, nah untuk kali ini pihak UPTD akan memberikan pendampingan dan penyuluhan agar  kwalitas tembakau di hasilkan tambah bagus “ tambahanya.

Dalam keteranganya Suryadi mengatakan bahwa menutut BMKG untuk tahun ini adalah musim kemarau basah ,jadi pas dan cocok untuk menanam tembakau.

Sementara itu Sukirno salah satu pengurus dari Poktan Margo Rukun menyatakan untuk pembagian bibit ini di berikan kepada siapa saja para petani yang membutuhkan di wilayah desa tersebut ” Kami dari Poktan membagikan bibit ini secara gratis kepada semua petani yang ada di wilayah Desa Kedungrejo, namun apabila kuota dari petani Desa ini sudah tercukupi maka tetangga Desa bisa mengambilnya disini”

Lebih jauh Sukirno menjelaskan bahwa untuk saat ini para petani yang ada di Desa Kedungrejo baru mengambil bibit sekitar 1000 – 1500 bibit dari 1.200.000 bibit tembakau yang sudah di siapkan. [AM]

 

 

Tinggalkan Balasan