Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Kerek Barometer Tongklek ” Dulu”

Kerek Barometer Tongklek ” Dulu”

3 Juni 2016 10:44 pm | diplublikasikan oleh |

IMG_20160603_213952-picsayKIM Ronggolawe – Rhomadlon kurang hitungan hari lagi segala persiapan lahir dan batin pun mungkin sudah di siapkan bagi umat muslim di seluruh dunia, begitu pula dengan kesenian yang identik dengan bulan suci musik patrol gugah sahur atau yang lebih populer di telinga masyarakat Tuban dan sekitarnya dengan sebutan Tongklek, pun juga sudah mulai mempersiapkan segalanya termasuk peralatan musik patrolnya, serta anggota dari grub musik tradisional itu sendiri.

Begitu pula dengan Grub Tongklek Murni Laras Pimpinan dari Muji Harsono ini pun juga di sibukan dengan persiapan untuk menyemarakan bulan suci ini, seperti yang terlihat malam ini (03/06/2016) sekitar pukul 21:00 bertempat di balai Desa Jarorejo Kecamatan Kerek terlihat sekutar 15 anggota dari grub tongklek tersebut mulai melantunkan nada nada indahnya.

Kecamatan Kerek sendiri merupakan cikal bakal berdirinya kesenian tradisional Tongklek di Kabupaten Tuban, dan di era kejayaanya grub -grub  Tongklek yang ada di Kecamatan Kerek pernah merajai di beberapa ajang kontes lomba yang di selenggarakan di berbagai tempat di wilayah bumi wali tersebut.

” Ya memang begini, kesenian Tongklek di Kerek semua pada bosen, gak seantusias seperti dulu, anggota kami pada sibuk kerja dan terpaksalah kami sering gonta ganti anggota setiap tahunya” kata Dika Ketua dari grub Tongklek Murni Laras.

Dika juga mengatakan bahwa kendala yang di hadapi oleh grub Tongkleknya adalah minimnya dana operasional grub, karena Tongklek membutuhkan seragam alat musik dan lain sebagainya, menurutnya mereka swadaya, walaupun terkadang ada sokongan dana dari para dermawan maupun bantuan dari pihak pemerintah Desa setempat, namun, di rasa masih belum menyukupi terlebih kalau pas ada lomba.

Hal senada juga di katakan Eko salah satu anggota grub Tongklek tersebut serta berharap ada pihak terkait yang bisa menghidupkan kembali Tongklek di Kerek ini ” Kita pinginya Kerek bisa menjadi barometer Tongklek seperti dulu, dan ada pihak pihak tertentu yang mengadakan  event rutin tahunan” Harapnya. [AM]

 

 

Komentar Facebook

No comment for Kerek Barometer Tongklek ” Dulu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.