BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYAHIBURAN

Sigit Datang, Warga Banjiri Lapangan

Wayang Kulit

KIM Ronggolawe – Perayaan Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke- 71 di Kecamatan Kerek masih berlangsung dengan meriah, kali ini berketepatan dengan malam Minggu, Sabtu (20/08) giliran dalang kondang dari Rembang Jawa Tengah Sigit Ariyanto, mengebrak kota batik dengan suguhan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Pagelaran seni tradisional yang selalu menjadi agenda tahunan PHBN ini, di banjiri oleh para pengunjung dari seluruh penjuru Kecamatan Kerek, hingga dari luar Kecamatan, bahkan dari pukul 17.00 WIB, sudah nampak para pengunjung yang sudah berdatangan di lapangan Desa Margomulyo tersebut.

” La wong namanya seneng, walaupun jauh pun juga saya selalu ikuti, kalau ada pementasan wayang kulit” Ungkap karjan pria paruh baya yang mengaku dari Desa Ngulahan Kecamatan Tambakboyo tersebut.

Dalam penampilanya yang kali ke – 4  di Kecamatan Kerek ini , untuk malam ini Dalang Sigit mengambil Lakon Semar Mbangun kayangan, yang mana pokok intinya adalah sebuah wejangan atau pengingat kepada para pemimpin untuk selalu mengedepankan kepentingan rakyatnya serta selalu menegakan hukum atau perundang undangan yang berlaku.

Budaya warisan Wali Songo ini memang dalam pementasanya selalu didominasi oleh para usia usia sepuh, namun juga tak jarang pula banyak muda mudi  ikut menghadiri pementasan wayang kulit tersebut.

” Untuk masalah cerita saya memang tidak mengerti, tapi penasaran juga dengan alur ceritanya, kalau diresapi dan dimaknai secara dalam,memang semuanya penuh dengan filosofi dan petuah petuah bagi kehidupan kita sehari hari” Kata Subakti Arief salah satu pemuda yang turut hadir dalam acara tersebut. [AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker