BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYAHIBURAN

Lestarikan Budaya, PHBN Desa Temayang Gelar Lomba Ngibing Tayub

_20160905_222641

KIM Ronggolawe – Geliat Peringatan HUT RI ke – 71 masih di selenggarakan oleh beberapa panitia panitia di wilayah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban,salah satunya PHBN Desa Temayang Senin (07/09) bertempat di Balai Desa, sebanyak 21 peserta mengikuti lomba “ Ngibing” Tayub.

Acara yang menyedot perhatian warga tersebut menurut Nanang Saputra selaku panitia, bertujuan untuk melestarikan budaya jawa yang saat ini sudah mulai luntur,sekaligus mengenalkan budaya jawa ke generasi muda yang mana anak muda sekarang lebih menyukai budaya moderenisasi.

Lomba yang di gelar hingga tengah malam tersebut, dewan juri akan menentukan pemenang dari kriteria kerapian,penjiwaan serta keselarasan dengan irama gending jawa di saat menarikanya.

” Event seperti ini sebenarnya perlu dukungan dan back up an pendanaan yang memadai, sehingga di tahun tahun kedepan bisa lebih baik dan berinovasi, sehingga bisa memancing peserta yang lebih baik, dan bisa semeriah mungkin” Kata Nanang.

Ia juga menjelaskan bahwa pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna khususnya, sangat menyesalkan jika  pihak pihak yang berkompeten dalam hal ini tidak terlibat dalam pelestarian budaya semacam ini.

Masalah pendanaan dalam kegiatan ini, kembali bapak 1 anak ini menjelaskan bahwa tidak adanyaa campur tangan luar, dalam pendanaanya, semua murni dari warga Desa Tersebut.

Yah, meski Desa kami berdekatan dengan pabrik BUMN namun, kami belum tersentuh sama sekali, seolah mereka menutup mata dengan kegiatan kita” Imbuhnya.

Sementara itu Lilik Suwito salah 1 peserta lomba mengatakan, sangat menyambut positif dengan di adakanya acara tersebut ” Saya pribadi merasa senang, karena masih ada kepedulian terhadap budaya jawa, semoga tahun depan lebih meriah”  Ungkapnya. [AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button