BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

MASKER Gandeng RTIK Tuban Beri Wawasan Internet Sehat Bagi Siswa

KIM Ronggolawe – Dalam rangka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun ajaran baru 2018/2019 Madrasah Aliyah Kerek (MASKER) Kabupaten Tuban, Kamis (19/07) menghadirkan Relawan Tekhnologi dan Informasi (RTIK) Tuban untuk turut serta mengisi materi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang mengambil tema Internet Sehat Bagi Pelajar tersebut dipandu langsung oleh ketua RTIK Kabupaten Tuban Rizal Rizkillah dibantu dengan beberapa relawan RTIK lainya.

Dalam materinya Rizal memaparkan bahwa pentingnya pemahaman dini tentang penggunaan internet terutama dalam mengantisipasi penebaran konten – konten yang tidak selayaknya diunggah di jejaring internet terlebih di sosial media.

“ Kalau di jaman sebelum internet begitu banyak dikenal kita mengungkapkan apa yang kita rasakan cukup lewat Diary, kita tulis kemudian kita gembok dan tidak ada satu orang pun yang tahu, namun untuk era saat ini kita menulisnya di sosial media yang  dapat diakses oleh siapapun, maka dari itu pandai dan bijak harus kita lakukan dalam bersosial media,” ungkap panjang lebar pemuda lajang asal Kecamatan Rengel tersebut.

Sementara pada materi berikutnya Agus Sutarom memberikan wawasan terhadap puluhan siswa Madrasah aliyah untuk bersama – sama memerangi konten – konten Hoax (berita bohong) sehingga tidak ada yang terbawa arus dalam pemberitaan bohong yang sedang dibaca.

“ Kita pilah dan pilih serta klarifikasi dulu kebenaran dari berita yang akan kita bagikan, jika dirasa berita tersebut mengandung unsur kebohongan dan ujaran kebencian, maka kita tidak usah membagikanya cukup kita saja yang tahu, “ terang pria yang baru mengakhiri masa lajangnya tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Ari Megantara salah satu anggota RTIK asal Kecamatan Kerek, ia memaparkan bahwa dengan tulisan di sosial media terkadang dapat mengakibatkan pengguna tersebut berurusan dengan pihak berwajib.

“ Banyak contoh kasus yang mengakibatkan pengguna sosial media berurusan dengan pihak berwenang, jadi gunakanlah media sosial dengan bijak, masih banyak cara lain untuk memanfaatkan internet dan kita pun juga dapat menghasilkan rupiah lewat internet, jadi pandai dan bijaklah menggunakanya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan MATSAMA yang diikuti puluhan peserta tersebut RTIK Tuban sendiri mendapatkan jatah mengisi materi tentang internet sehat mulai pukul 09.15 hingga pukul 11.15.[HA/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button