BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWAPERTANIAN

Gagal Panen, Pendapatan Desa Kedungrejo Menurun

_20161006_101706KIM Ronggolawe –  Dalam rangka menggali pendapatan asli Desa guna menunjang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) tahun 2016, Pemerintah Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kamis (06/10) menyelenggarakan pelelangan tanah kas atau bengkok Desa.

Kegiatan tahunan jelang musim tanam tiba ini, selalu diselengarakan  oleh Desa desa yang mempunyai tanah bengkok, termasuk di Desa Kedungrejo ini.

Dalam pelelangan tanah bengkok tahun ini, sebanyak 11 lokasi bengkok sawah yang di lelangkan , termasuk bengkok Desa yang dulu di peruntukan bagi Sekretaris Desa (Sekdes).

Namun, untuk pendapatan Desa Kedungrejo dari hasil pelelangan tanah kas Desa mengalami penurunan di tahun 2016 ini, dari data yang berhasil reporter kimronggolawe.com peroleh  untuk tahun 2015 dari hasil pelelangan Pemerintah Desa Kaedungrejo mendapatkan pemasukan  Rp. 64.700.000, sedang di tahun 2016 ini panitia hanya mendapatkan pemasukan Rp. 57.600.000.

“ Kegagalan panen di tahun lalu yang mengakibatkan, para warga yang melelang ini menawar dengan harga rendah, padahal panitia sudah mematok harga saat ini sama dengan tahun lalu” Ungkap Tarmuktiono ketua panitia pelelangan sekaligus ketua BPD tersebut.

Alasan yang sama juga disampaikan Raji salah satu pemenang lelelang yang menyatakan bahwa tahun lalu ia merasa rugi besar karena gagal panen “ Untuk tahun ini kami meminta keringanan, nanti di tahun depan kami berani dengan harga tinggi bila tidak gagal panen “ Ungkapnya saat di pelelangan tersebut. [AM]

 

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button