Lewat Green Belt PT. Semen Indonesia, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sekitar Tambang

Green Belt

KIM Ronggolawe – Sebanyak 320 petani dari 20 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di 7 Desa sekitar PT. Semen Gresik (Semen Indonesia Group) Rabu, (12/10) mengikuti lomba Green Belt (Ruang Terbuka Hijau) di Hall Auditorium gedung utama PT. Semen Gresik Tuban.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pendirian Pabrik Gresik Semen Indonesia ke – 59 dan Republik Indonesia ke – 71  dimulai pukul 08:00 WIB dan berahir pukul 11:30 WIB.

Acara yang melibatkan Poktan dari Desa Mliwang, Desa Sumber Arum, Desa Sembungrejo, Desa Sugihan, Desa Karanglo, Desa Temandang dan Desa Tlogowaru tersebut menurut Ketua Panitia Lomba Green Belt, Agrifa Tarigan bertujuan untuk menggandeng para petani Green Belt agar selalu produktif dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

” Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, para petani di sekitar tambang PT. SI  bisa sejahtera dengan adanya  Program Green Belt ini” Kata Agrifa Tarigan

Dalam acara tersebut para petani Green Belt juga di bekali dengan cara pengolahan Sukun serta hasil tani lainya “ Harapan kita dengan pembekalan seperti ini, produk yang dihasilkan petani  dapat bernilai ekonomis yang tinggi serta menambah perekonomian petani” Tambahnya.

Terpisah Kaswadi Poktan dari Desa Karanglo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban saat ditemui reporter kimronggolawe.com mengaku bangga semenjak mengikuti program Green Belt ini ” Dengan adanya program seperti ini sangat membantu kami, untuk meningkatkan perekonomian petani kecil” Ungkap petani yang mengaku sudah 12 tahun mengikuti program tersebut.

Acara tahunan yang di selenggarakan berketepatan dengan HUT PT. Semen Gresik tersebut juga di selingi dengan pemberian penghargaan kepada petani Green Belt dalam katagori Pemangku Green Belt dan juga Pelopor Green Belt serta puluhan Doorprize di bagikan kepada para anggota Poktan yang hadir. [AM]

Tinggalkan Balasan