BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWAPERTANIAN

Petani Kedungrejo Masih Berebut Pupuk Bersubsidi

Berebut pupuk

KIM Ronggolawe – Sudah menjadi tradisi dalam tiap tahunya, jika musim tanam serta waktu  pemupukan para petani dipusingkan dengan kelangkaan pupuk bersubsidi yang digelontorkan oleh pemerintah, barang yang menjadi kebutuhan pokok para petani tersebut, seolah bak emas permata yang selalu diperebutkan olah para petani

Begitu pula dengan keberadaan pupuk bersubsidi di Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Desa yang mempunyai lahan aktif sekitar 1.400 Hektare tersebut menurut pengajuan Rencana Difinitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Margo Tani Mulyo tahun 2016 sebanyak 54,600 Ton untuk persawahan dan 274,600 Ton untuk perkebunan dan ladang, meliputi pupuk jenis UREA,ZA,SP 36,NPK maupun Petroganik, yang mana jumlah tersebut di bagi untuk 6 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di Desa tersebut.

Meski dari pihak kios resmi mengklaim bahwa kebutuhan pupuk di desa tersebut sudah terpenuhi, namun masih ada beberapa petani yang mengeluhkan proses pembagian pupuk dari kios tersebut yang kurang merata.

“ Setiap kali ada pupuk datang selalu diangkut oleh mobil bak terbuka, dan kami disini selalu berebut pupuk tersebut” Ungkap salah satu petani yang enggan disebut namanya.

Sementara itu Siti Dwi Warni pemilik kios resmi UD. Bolo Tani di desa tersebut saat di temui reporter kimronggolawe.com Sabtu,(12/11) membantah kalau pihaknya mengirim pupuk tersebut ke luar daerah.

“ Desa Kedungrejo ini punya tiga dukuhan yaitu Dusun Puter, Dusun Penemon, dan Dusun Luwuk sendiri jadi kalau ada mobil bak terbuka, itu mobil dari Poktan di salah satu Dusun tersebut yang mengambil pupuk disini untuk kelompoknya” Terangnya.

Masih menurut Siti rencananya di tahun 2017 nanti melalui  Gapoktan Margo Tani Mulyo pihaknya akan mengajukan RDKK 77,000 Ton untuk persawahan dan 274,600 Ton untuk perkebunan dan ladang [AM]

 

 

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button