BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPRODUK UNGGULAN

Amnesti Pajak “ON THE SPOT” Fasilitas Bagi UMKM

Amnesti PajakKIM Ronggolawe – Pada periode kedua Amnesti Pajak (Oktober – Desember) ini, Direktorat Jenderal Pajak fokus kepada para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) karena dari sekitar 40 juta UMKM baru sekitar 100 ribu yang mengikuti Amnesti Pajak. Selasa (15/11).

KPP Pratama Tuban menyambut kebijakan tersebut dengan membuat layanan ditempat atau biasa disebut *_on the spot_* bagi para UMKM yang membutuhkan penjelasan mengenai Amnesti Pajak. Disebutkan oleh Eko Radnadi Susetio, Kepala KPP Pratama Tuban bahwa layanan ini bersifat tuntas, artinya petugas yang memenuhi undangan UMKM untuk memberi penjelasan Amnesti Pajak juga siap menerima isian SPH (surat pernyataan harta) sebagai kelengkapan mengikuti Amnesti Pajak. ” Petugas kami akan meluncur ke lokasi UMKM yang membutuhkan layanan _on the spot_ ini lengkap dengan SPH untuk ikut Amnesti Pajak, diisi dengan tulisan tangan saja gak perlu diketik”, ujar pria yang baru satu tahun ini memimpin jajaran KPP Pratama Tuban.

Ditambahkan oleh Binanto Suryono, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan bahwa untuk UMKM yang belum memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) juga akan dilayani pendaftaran NPWP nya di lokasi UMKM. “Jika ada UMKM yang sibuk sehingga tidak sempat datang ke kantor kami, maka petugas kami lah yang akan datang ke UMKM tersebut, selain untuk hal hal terkait Amnesti Pajak juga untuk mendaftarkan NPWP” ujar pria yang sedang mempersiapkan keikutsertaan KPP Pratama Tuban dalam Pameran Pembangunan dan Perdagangan tersebut.

Syarat untuk mendaftarkan NPWP bagi UMKM sangat mudah, hanya KTP dan surat keterangan usaha dari perangkat kelurahan atau kecamatan, “Gak ribet kok, kami berikan layanan yang mudah dan cepat di lokasi UMKM berada” tegas Ahmad Rifa’i, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Tuban.

Bagaimana para UMKM ini bisa mendapatkan layanan _on the spot_ ini? Dijawab oleh Tenisanta Rizki Masruri, operator SMS/WA centre KPP Pratama Tuban, “cukup dengan mengirimkan SMS/WA ke nomor *08113300648* maka akan direspon secepatnya dan setelah jelas lokasi serta waktu yang diinginkan oleh UMKM akan dikirim petugas untuk memberikan layanan”.

Terkait layanan _on the spot_ ini, KPP Pratama Tuban akan me_launching_ nya pada saat pelaksanaan Pameran Pembangunan dan Perdagangan di GOR Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban, tanggal 15 – 19 Nopember 2016. “Stand KPP Pratama Tuban terletak di _indoor area_ pameran dan akan diselenggarakan berbagai kegiatan yang berhadiah sangat menarik”, ujar Muhammad Zuhri, koordinator petugas stand pameran KPP Pratama Tuban. Kegiatan yang dimaksud adalah Lomba Mewarnai untuk anak-anak usia maksimal 11 Tahun, permainan Ular Tangga Amnesti Pajak dan Undian Berhadiah bagi para UMKM serta pendaftaran NPWP bagi UMKM yang belum ber-NPWP. “Sekedar bocoran nih, jangan lupa bawa kartu NPWP bagi yang sudah punya ketika berkunjung ke Pameran di GOR ya, ada banyak hadiah serta dapat diikutkan undian”, info dari Fajar Ari Prabowo yang akan bertugas sebagai Master of Ceremony (MC) sepanjang pameran berlangsung.

Layanan _on the spot_ ini diharapkan dapat mendorong para UMKM untuk dapat segera memanfaatkan Amnesti Pajak dengan cara yang mudah dan tidak menyita waktu mereka. “Kami paham bahwa para usahawan pasti sibuk mengurus usahanya, untuk itulah kami sediakan layanan _on the spot_ ini, dan yang perlu saya tegaskan bahwa layanan ini gratis,  tidak ada biaya apapun, jadi monggo dimanfaatkan sebaik baiknya”, ujar Eko Radnadi menutup siaran pers dari KPP Pratama Tuban kali ini. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button