Demi Kelestarian Lingkungan, Karang Taruna “Tunas Harapan” Tanam 1000 Pohon

Tanam Pohon

KIM Ronggolawe – Sebagai upaya pelestarian lingkungan dan menjaganya, Karang Taruna Tunas Harapan Desa Padasan Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban melaksanakan penanaman 1000 pohon disekitar Waduk desa setempat, Minggu (06/11)

Kegiatan yang mengusung tema “Alam Bukan Warisan Dari Nenek Moyang, Melainkan Titipan Dari Anak Cucu Kita” ini melibatkan Muspika Kecamatan Kerek dan berbagai undangan yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar peduli akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup alam sekitar kita.

Abdul Hasan salah satu pengurus karang taruna Tunas Harapan saat diwawancarai reporter kimronggolawe.com menyampaikan, kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini sudah sepatutnya diantisipasi dan ditangani dengan langkah-langkah yang baik, agar lingkungan hidup akan selalu terjaga dan terlindungi dikemudian hari.

“Ini wujud kepedulian teman-teman karang taruna dan sebagai langkah antisipasi agar kedepan Desa Padasan dan sekitarnya bisa terbebas dari banjir, sebab waduk ini merupakan penahan air saat hujan deras dan dimanfaatkan petani sekitar sebagai pengairan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Kerek Drs. Rohman Ubaid dalam sambutannya menceritakan, bahwa beberapa tahun terakhir Desa Padasan dan sekitarnya merupakan kawasan pertanian dan pemukiman yang menjadi jujugan banjir kiriman saat hujan deras. Dirinya juga menyatakan, maka dari itu, sebagai langkah antisipasi pemerintah desa melalui rekomendasi dari pemerintah kecamatan melakukan pelebaran waduk.

“Tahun 2015 waduk ini dibangun, keberadaannya harus diperkuat salah satunya dengan penanaman 1000 pohon Slobin (Mindik) yang di inisiasi oleh pemuda karang taruna, ini merupakan langkah positif,” pungkas mantan Camat Singgahan ini.

Kegiatan tanam 1000 pohon ini juga dihadiri oleh sekitar 250 peserta yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban, Mahipal Unirow Tuban, Paraker Kerek, PSHT Padasan, dan juga Karang Taruna Kecamatan Kerek, serta didukung sepenuhnya oleh Perhutani BKPH Kerek dan Mangrove Center Tuban serta pemerintah desa setempat. [CH]

Tinggalkan Balasan