BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWAPERTANIAN

BERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI 800 BIBIT KELENGKENG

KIM Ronggolawe – Sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat lingkungan, PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar mengajak warga Desa Rawasan Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban untuk menanam tanaman hortikultura, berupa pohon kelengkeng di pekarangan rumah.

Kegiatan ini dimulai dengan penyaluran 800 bibit kelengkeng  varietas diamond di Desa Rawasan di lingkungan ring 1 PT. PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Kabupaten Tuban, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi budidaya tanaman hortikultura yang disampaikan oleh Agus Pranoto dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban yang dilaksanakan di balai Desa setempat, Rabu (21/12).

Sosialisasi dihadiri oleh sejumlah warga, manajemen PT. PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Kabupaten Tuban dan dihadiri pula oleh Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban dan UPTD Kecamatan Jenu.

Perwakilan Manajemen  PT. PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Tuban, Catur Subagya mengatakan, adanya program hortikultura ini tercetus karena letak geografis pertanian yang sangat mendukung di bidang hortikultura di Desa Rawasan, serta berharap mampu menjadikan Desa Rawasan sebagai ikon wisata petik kelengkeng seperti di Kota Batu Malang.

”Goal dari kegiatan ini adalah menambah penghasilan warga sekitar dari kegiatan bercocok tanam tanaman hortikultura, dan warga bisa merawatnya hingga bisa bermanfaat,” Tuturnya.

Sementara itu, Hendro Susilo Kepala Desa Rawasan Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban menambahkan, program CSR merupakan wujud kepedulian perusahaan pada masyarakat sekitar Ia juga berharap, hal ini bisa terus dilanjutkan dengan program-program yang tepat sasaran.

Hal senada juga disampaikan Imron selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Rawasan, semoga dengan adanya bantuan bibit buah kelengkeng masyarakat bisa merawat dan Desa Rawasan nantinya bisa menjadi ikon salah satu desa wisata buah di Kabupaten Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button