Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Tekan Kematian Ibu dan Anak, Puskesmas Kerek Programkan Skrining Antenatal

Tekan Kematian Ibu dan Anak, Puskesmas Kerek Programkan Skrining Antenatal

21 Desember 2016 7:22 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Sekitar 20 Bumil (Ibu Hamil) mengikuti program Skrining Antenatal di Puskesmas Kerek Rabu, (21/12).

Program yang diperuntukan guna menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi ini, mulai diselenggarakan sejak (13/12) lalu, dan hingga Rabu, (21/12) ini, masih diikuti dengan antusias oleh para Bumil di wilayah kerja Puskesmas tersebut.

Menurut Dr. Rika Triyana Kepala Puskesmas Kerek bahwa program  yang diselenggarakna di Puskesmas tersebut, merupakan salah satu langkah awal untuk mendeteksi penyakit yang diderita pada ibu hamil, sehingga dengan mengetahui keluhan dan gejala itu, tim medis bisa langsung melakukan penanganan terhadap keluhan Bumil.

” Skrining antenatal ini dilakukan secara bertahap yakni perdesa, hingga saat ini sudah tujuh desa dari 10 desa di wilayah kerja Puskesmas Kerek” Ungkap Rika kepada kimronggolawe.com.

Rika juga menambahkan bawa kesadaran ibu hamil di wilayah Kecamatan Kerek saat ini tentang kesehatan Ibu dan Anak sangat tinggi, sehingga pihaknya tidak mengalami kesulitan untuk mensosialisasikan tentang program program yang ia jalankan.

Selain Skrining Antenatal yang dilakukan di Puskesmas, selama ini program yang telah dijalankan secara rutin ialah ANC Ibu hamil yang mana tim medis dari Puskesmas datang kedesa-desa wilayah kerjanya.

“Dengan program ini diharapkan Ibu bisa menjaga kehamilanya dengan baik, serta saat melahirkan nantinya juga berjalan aman dan nyaman,” tambah Rika.

Terpisah Tin Amini (35) salah satu Bumil dari Desa Padasan Kecamatan Kerek usai mengikuti program tersebut, sangat mengapresiasikan kinerja dari Puskesmas Kerek mengadakan program Skrining Antenatal ini.

” Menyambut baik dan senang dengan program ini, apalagi saya mengandung dalam usia usia rawan, jadi program ini sangat membantu bagi Ibu ibu hamil terlebih saya ” Ungkap wanita yang mengaku hamil anak yang ke – 3 ini. [AM]

Komentar Facebook
This post was written by kimronggolawe
About

Admin Web kimronggolawe.com

No comment for Tekan Kematian Ibu dan Anak, Puskesmas Kerek Programkan Skrining Antenatal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.