BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPARIWISATAPEMERINTAHANPERISTIWAPRODUK UNGGULAN

KIM Ronggolawe, Ambil Bagian Dalam Pekan KIM Ke – IX Jawa Timur

KIM Ronggolawe – Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke – IX Jawa Timur tahun 2017 resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf bertempat di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (12/09).

Pekan KIM yang merupakan agenda rutin dua tahunan sekali tersebut diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur yang dihadiri sekitar 1000 pegiat KIM, mulai dari  unsur Dinas Kominfo kabupaten/kota serta pelaku KIM di daerah mulai Selasa (12/09) sampai Sabtu (16/09).

Rangkaian acaranya meliputi grand final Lomba Cerdas Cerdik Komunikatif (LCCK), pameran produk informasi dan produk TIK KIM, sarasehan KIM, workshop TIK KIM, lomba blog, dan festival Pertunjukan Rakyat (Pertura).

Ir. Eddy Santoso, MM selaku Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, Pekan KIM kali ini mengambil tema “Revitalisasi Peran KIM sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif”. Maksud tema tersebut menurutnya Pemprov Jawa Timur saat ini dan kedepan akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, infostruktur, maupun suprastruktur komunikasi dan informatika di Jawa Timur.

Eddy menerangkan, perkembangan era informasi digital saat ini juga menuntut masyarakat memiliki bekal literasi digital yang memadai. Masyarakat diminta mampu untuk selektif dalam memilih sumber informasi dan menyebarluaskan informasi yang diterima.

“Kondisi seperti inilah KIM kemudian dapat mengambil peran lebih yaitu sebagai media yang menyediakan informasi yang valid sehingga dapat menjadi rujukan masyarakat dalam meyebarluaskan informasi yang benar,” katanya.

Sementara itu, Drs. H. Saifullah Yusuf dalam kesempatannya saat membuka acara berharap, agar  KIM berpartisipasi dengan memberikan informasi yang bermanfaat, disamping untuk masyarakat juga untuk pemerintah guna meningkatkan potensi yang dimiliki Jawa Timur secara keseluruhan.

“Memang keberadaan KIM diperlukan untuk memeratakan informasi. Sebab, kemajuan teknologi harus diimbangi pintar memilah dan memilih mana informasi yang benar atau palsu (Hoax),” ungkap Wagub kelahiran Pasuruan tersebut.

Gus Ipul, begitu sapaan akrabnya menambahkan, ia berharap kemajuan teknologi dimafaatkan untuk masyarakat maju di semua bidang. “Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat pada masyarakat jawa Timur, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat secara luas.

Ir. Herry Prasetyo S, MM, Kepala Dinas Kominfo Tuban menambahkan, Kabupaten Tuban berparisispasi dengan mendelegasikan KIM Ronggolawe dan KIM Sugiharjo, serta Pertura dari Sanggar Ngripto Laras pimpinan Eko Kasmo dari Kecamatan Parengan. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker