Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Manfaatkan Liburan, Bocah Kedungrejo Berburu Keong Gondang

Manfaatkan Liburan, Bocah Kedungrejo Berburu Keong Gondang

25 Desember 2017 1:53 pm | diplublikasikan oleh |

 

KIM Ronggolawe – Dimusim liburan sekolah dan Natal serta liburan jelang Tahun baru, biasanya Anak – anak memanfaatkan liburan bersama keluarga ditempat – tempat wisata yang ramai dikunjungi, bahkan tak jarang pula ada yang mengisi liburan tersebut dengan pergi keluar kota.

Namun, berbeda dengan Anak – anak Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban yang memanfaatkan liburan dengan berburu Keong Gondang  bersama dengan teman – temanya yang berada di telaga desa setempat.

Keong Gondang (Pila ampullacea) merupakan jenis siput sawah yang mudah dijumpai, dan konon Keong Gondang ini banyak mengandung protein, kalsium serta rendah kolesterol, serta mengandung vitamin yang tinggi dengan dominasi vitamin A, E , niacin dan folat, tubuh Keong Gondang juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia, dengan pengelolaan yang tepat Keong Gondang dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah daripada daging sapi, kambing atau ayam.

Seperti hari ini, Senin (25/12) Edi Susanto bersama degan 14 temanya berburu Keong Gondang untuk dimasak  bersama – sama di tepian telaga tersebut, memang di telaga kembar yang ada di utara Dusun Luwuk Desa Kedungrejo tersebut dikenal dengan Keong Gondangnya yang melimpah disaat musim penghujan seperti ini.

Setelah berburu Keong Gondang sekitar setengah jam Anak – anak tersebut mengakhiri buruanya dengan mendapatkan hampir 1 zak ukuran 20 kg, ” Ini sudah cukup untuk kita olah bersama dengan teman – teman “ kata Edi.

Kemudian Anak – anak tersebut dengan cekatan membersihkan Keong Gondang tersebut dengan cara memisahkannya dari cangkangnya, sementara teman – teman yang lainya meracik bumbu ala kadarnya untuk memasak Keong Gondang yang sudah dibersihkan bersama – sama.

” Lebih enak dimasak langsung disini, daripada dimasak di rumah, lagian kita bisa menikmatinya bersama – sama “ Sambung Adit.

Setelah menunggu sekitar setengah jam untuk proses memasak selesai Anak – anak tersebut dengan riang dan lahapnya menikmati olahan Keong Gondang hasil buruanya hari ini. [AM/HA]

 

 

Komentar Facebook

No comment for Manfaatkan Liburan, Bocah Kedungrejo Berburu Keong Gondang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.