BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

KPU Tuban Gelar Raker Penyusunan Daftar Pemilih Pilgub Jatim 2018

Rapat Kerja KPU Tuban

KIM Ronggolawe – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se – Kabupaten Tuban melakukan rapat kerja dalam rangka penyusunan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, di ruang rapat KPU setempat, Selasa (09/01) sore.

Dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima KPU Tuban sebanyak 958.323 hak pilih, dengan rincian pemilih laki-laki 473.155 orang dan pemilih perempuan 485.168 orang.

Dari data tersebut, nantinya akan dilakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) serentak pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018 oleh jajaran pelaksana Pemilu, mulai dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan melakukan Coklit minimal 5 rumah.

Kasmuri, SE, Ketua KPU Tuban saat dikonfirmasi usai raker menyampaikan, rapat kerja hari ini terkait penyusunan daftar pemilih, yang mana DP4 sudah turun di KPU Tuban yang nantinya akan disusun hingga per TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Tujuannya untuk menyamakan pemahaman kita terkait tata cara penyusunan daftar pemilih, sehingga saat pembagian TPS diharapkan benar-benar sesuai kebutuhan di desa,” tutur komisioner KPU periode 2014-2019 tersebut.

Kasmuri menambahkan, dari jumlah DP4 tersebut saat ini pihaknya menunggu karena masih dilakukan penelitian ditingkat PPK dan PPS. Ia memperkirakan ada kenaikan sekitar 1 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2015 (936.768 pemilih). [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button