Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE »  Ingat.. 20 Januari Gerakan Coklit Serentak !!!

 Ingat.. 20 Januari Gerakan Coklit Serentak !!!

15 Januari 2018 7:54 pm | diplublikasikan oleh |

Kasmuri SE, Ketua KPU Tuban

KIM Ronggolawe – Sebagai salah satu tahapan yang krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, KPU Tuban melaksanakan pemantapan pemutakhiran data pemilih kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tuban, di gedung KSPKP Tuban, Senin (15/01).

Bimbingan Teknis (Bimtek) yang keempat tersebut merupakan tahapan sebelum proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak secara Nasional sesuai intruksi KPU RI yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Januari 2018.
Kasmuri, SE selaku ketua KPU Tuban saat diwawancarai mengatakan, hari ini bimtek lebih ditekankan pada materi Coklit data pemilih yang akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada tanggal 20 Januari 2018 minimal 5 rumah.

“Pada 20 Januari nanti akan dilaksanakan Coklit serentak secara nasional, teknisnya yaitu PPDP akan datang dari rumah ke rumah sesuai dengan data daftar pemilih (AA.KWK) yang ada di Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) KPU,” ucap komisioner asli Kecamatan Palang tersebut.

Kemudian, imbuh Kasmuri, selanjutnya akan dicocokkan datanya sesuai dengan E.KTP, atau surat keterangan pengganti KTP, atau Kartu Keluarga (KK) apakah datanya sudah sesuai atau tidak. Kalau belum sesuai, maka akan diperbaiki oleh PPDP dan apabila datanya tidak memenuhi syarat akan dicoret.

Ia menekankan, pasca bimtek tersebut maka PPK wajib melakukan bimtek serupa kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPDP yang ada di wilayahnya. Dengan harapan, proses coklit nantinya yang dilaksanakan 20 Januari hingga 18 Februari 2018 bisa berjalan dengan lancar tidak ada kendala dan bisa menghasilkan data pemilih yang berkualitas. [CH/AM]

 

Komentar Facebook

No comment for  Ingat.. 20 Januari Gerakan Coklit Serentak !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.