Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Sasar Masyarakat Petani, Gerakan Coklit Serentak Dilakukan Pagi Hari

Sasar Masyarakat Petani, Gerakan Coklit Serentak Dilakukan Pagi Hari

20 Januari 2018 6:42 pm | diplublikasikan oleh |

Apel kesiapan gerakan coklit serentak oleh PPK, PPS, dan PPDP se- kecamatan Kerek

KIM Ronggolawe – Pelaksanaan Gerakan Coklit (pencocokan dan penelitian) Serentak pada hari ini, Sabtu, 20 Januari 2018 yang dilaksanakan seluruh Indonesia, menjadi momen perdana dalam sejarah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sebab, proses Coklit yang melibatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tersebut dengan sistem door to door.

Begitu juga di wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, khususnya desa-desa pinggiran atau kawasan daerah petani, PPDP melaksanakan tugas sejak pagi hari untuk mendatangi rumah-rumah warga yang mayoritas masyarakat petani.

“Kita lakukan Coklit sekitar pukul 6 pagi, ini kami lakukan untuk mengantisipasi para petani biasanya berangkat ke sawah (tegalan) kalau sudah agak siang,” ucap Supriyanto salah satu anggota Panitia Pemungutas Suara (PPS) Desa Trantang, Kecamatan Kerek,Kabupaten Tuban saat mendampingi PPDP desa setempat.

Sementara itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kerek melaksanakan Apel Kesiapan Coklit Serentak pada pukul 8 pagi, di halaman pendopo Kecamatan Kerek yang diikuti oleh PPS dan PPDP dari 5 desa, yaitu: Jarorejo, Margomulyo, Margorejo, Temayang dan Sumberarum.

“Memang ada beberapa desa yang melaksanakan Coklit sejak pagi, karena disesuaikan dengan kondisi geografis desa masing-masing. Untuk gerakan apel Coklit serentak ini secara simbolis kita laksanakan terpusat di kecamatan yang diikuti desa-desa terdekat dengan pusat kecamatan, selain desa tersebut kita intruksikan untuk melaksanakan apel kesiapan di balai desa masing-masing,” tutur Chusnul Huda, Ketua PPK Kerek usai memberangkatkan PPDP.

PPDP saat melakukan Coklit di rumah warga

Coklit ini, lanjutnya, tujuan utamanya adalah untuk menyusun dan memperbaiki daftar pemilih agar mendapatkan data yang akurat pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang serentak dilaksanakan pada 27 Juni 2018 nanti, sekaligus sebagai ajang sosialisasi pelaksaan Pilgub 2018 berbasis keluarga oleh PPDP.

Sesuai tahapan, gerakan Coklit serentak ini akan dilaksanakan mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Khusus gerakan Coklit serentak hari pertama ini, minimal 5 rumah setiap PPDP, atau minimal 555 rumah se – Kecamatan Kerek.

Baca juga :  Ingat.. 20 Januari Gerakan Coklit Serentak !!!

“Total ada sekitar 55 ribu pemilih atau sekitar 20 ribu Kepala Keluarga (KK) yang akan di Coklit yang melibatkan 111 PPDP dari 17 desa di wilayah Kecamatan Kerek, data itu bisa bertambah karena ada penambahan dari pemilih baru,” pungkas pria yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Kerek itu. [AM/HA]

Komentar Facebook