ARTIKELKESEHATAN

Bahayanya Marah Bagi Kesehatan

KIM Ronggolawe – Marah, terkadang harus dilakukan untuk meluapkan rasa emosional  yang sedang berkecamuk dalam diri kita, dengan marah rasa tidak nyaman akibat perbuatan tang tidak sesuai dengan harapan mungkin dapat dilampiaskan namun kemarahan yang kita umbar tanpa adanya sebuah kontrol dari akal sehat kita, terkadang juga menjadi boomerang bagi kita sendiri.

“Orang yang kuat adalah orang yang dapat menguasai dirinya disaat  marah” 

Dilansir dari laman Everyday Health yang dikutip goldokter.com menyebutkan, terdapat 5 bahaya bagi kesehatan jika sering marah – marah dan salah satunya adalah penyakit stroke.

Berikut beberapa bahaya jika sering marah – marah :

1. Berdampak pada kesehatan jantung

Menurut jurnal dari Wake Forest University School of Medicine sering marah-marah membuat Anda mudah terkena masalah kesehatan jantung. Marah-marah tak jelas ini akan meningkatkan Anda terkena serangan jantung dua kali lipat.

2. Risiko terkena stroke

Marah-marah yang tak terkendali juga bisa memicu masalah stroke, dua jam setelah marah-marah bisa memicu penggumpalan darah dalam otak dan memicu tersumbatnya aliran darah. Ini adalah awal dari masalah stroke, karena aliran darah diotak tersumbat maka risiko pecahnya pembuluh darah pun semakin tinggi. Untuk terhindar dari masalah tersebut Anda harus pintar mengontrol emosi.

3. Daya tahan tubuh melemah

Studi dari Universitas Harvard, AS, mengemukakan bahwa sering marah-marah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Marah tidak jelas bisa menurunkan antibodi Imunoglobulin, Ini adalah zat penting dalam tubuh untuk melawan beragam penyakit.

4. Kesehatan Paru-paru terancam

Kontrol amarah yang tidak baik akan membuat Anda memiliki kapasitas paru-paru yang buruk, hal ini akan memicu masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru-paru, seperti masalah pernapasan.

5. Memperpendek Usia

Orang yang suka marah-marah rentan terkena masalah depresi dan stres ini juga bisa memicu masalah serius seperti bunuh diri. Untuk itu, sebaiknya hindari marah-marah. Jika ada masalah segera selesaikan dengan cara yang baik.

Demikian bahayanya ketika sering marah- marah, kalau senyum itu indah mengapa harus marah-marah..??

 

Sumber : goldokter.com

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button