BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

JOB PPEJ Raih Penghargaan K3 dan Proper Hijau

KIM Ronggolawe – Menyambut peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) menggelar upacara yang berlangsung di lapangan Field Office Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Rabu (17/1/2018).

Dalam kegiatan tersebut diungkapkan bahwa JOB P-PEJ telah berhasil menciptakan Zerro Accident di kawasan lingkungan kerjanya selama tahun 2017 kemarin. Sehingga hal itu membawa JOB P-PEJ mendapatkan penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Peringatan Bulan K3 Nasional 2018 tersebut digelar dengan upacara bendera di lapangan Mudi Pad B JOB PEJ dengan diikuti para karyawan. Kegiatan upacara untuk serangkaian peringatan Bulan K3 tahun ini merupakan upacara K3 terakhir sebelum masa kontrak JOB PPEJ yang akan berakhir pada akhir Februari 2018 nanti.

“Hari ini selain kita melakukan upacara rutin setiap tanggal 17, kita juga melakukan upacara pembukaan peringatan Bulan K3 yang berlaku secara nasional. Ini adalah satu titik poin kita untuk selalu mengkampanyekan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),” kata Mirza, selaku Manager Health Safety Environment (HSE) JOB PPEJ setelah pelaksanaan upacara.

Selama ini sebagai Operator Migas di lapangan Mudi dan Sukowati itu, JOB PPEJ telah menerapkan sistim manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik. Sehingga selama tahun 2017 kemarin tidak sampai terjadi adanya gangguan akibat kecelakaan kerja yang signifikan di lingkungan operasi kegiatan JOB PPEJ.

“Jadi untuk tahun 2017 kita mendapatkan penghargaan jam kerja selamat tanpa kecelakaan di atas sepuluh juta jam kerja dari Dirjen Migas. Namanya penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama,” jelas Mirza dalam kesempatan itu.

Menurutnya, penghargaan tersebut dapat diraih oleh JOB PPEJ berkat kerja keras semua karyawan serta kesadaran dari para karyawan yang selalu mengutamakan K3 dalam setiap kegiatan operasi. Pasalnya selama ini perusahaan juga selalu mengkampanyekan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja seebagai kebutuhahan sehingga menjadi suatu budaya.

“Artinya untuk mendapatkan penghargaan jam kerja selamat ini kita juga terus mengkampanyekan dan mengimplementasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik. Keselamatan dan kesehatan kerja ini sudah menjadi kebutuhan dan budaya di tempat kerja kita,” paparnya.

Selain mendapatkan penghargaan dibidang keselamatan kerja, pada tahun 2017 JOB PPEJ juga mendapatkan penghargaan Proper Hijau 2017 yang merupakan pertama kalinya. Hal itu membuktikan bahwa selama ini JOB PPEJ telah melakukan operasinya dengan tetap menjaga lingkungan hidup.

“Terkait dengan penghargaan Proper Hijau artinya kita telah melakukan upaya-upaya untuk menjaga lingkungan hidup dan pengelolaan Comunity development dan CSR, Sehingga kegiatan operasi kita tidak berdampak terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar wilayah operasi,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan upacara itu perusahaan tersebut juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perwakilan Insan Mutu (CIP) JOB PPEJ yang mendapatkan peringkat Gold pada forum prestasi CIP AP PHE 2017 dan Platinum pada forum UIIA 2017. Upacara pembukaan Bulan K3 2018 itu ditutup dengan peragaan simulasi pemadaman kebakaran dan juga pemotongan tumpeng oleh Manager HSE JOB PPEJ. (*)

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button