Mengapa Sering Lapar Disaat Hujan

KIM Ronggolawe – Disaat musim penguhujan seperti ini sedikit banyak berpengaruh terhadap kesehatan dan kekebalan tubuh kita, disamping dibarengi dengan menurunya tingkat kekebalan tubuh, cuaca dingin juga dapat meningkatkan pola makan kita, tak heran jika disaat kondisi dingin banyak yang mengaku ingin makan, terlebih makanan yang hangat – hangat. Mengapa bisa begitu..?

Dikutip dari laman liputan6.com dijelaskan bahwa seorang ilmuwan Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat, Judith Wartman menerangkan mengenai meningkatnya nafsu makan disaat musim penghujan, dan ternyata ini terjadi karena paparan sinar matahari terhadap hormon tubuh kita.

Sedikitnya pancaran sinar matahari disaat hujan Kondisi ini membuat hormon yang mengatur tidur, nafsu makan, dan suasana hati, yakni serotonin dalam tubuh menurun.

“Mengonsumsi karbohidrat membantu seseorang merasa lebih baik karena karbohidat bisa dengan cepat membuat serotonin melonjak,” kata Wartman mengutip Bustle,  pria yang juga penulis buku The Serotonin Power Diet ini.

Namun sayangnya, rasa bahagia usai mengonsumsi karbohidrat seperti pasta atau mi hanya berlangsung sebentar. Hal ini bakal membuat muncul rasa ingin makan lagi dan lagi.

Disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang tinggi karbohidrat serta vitamin, mineral, dan serat. Misalnya dengan mengsumsi kentang dan labu.

Menyantap sup hangat juga bakal terasa nikmat di suhu udara yang dingin. Selain lezat, sup berisi sayuran dan mungkin ditambah ayam, daging, atau udang juga kaya nutrisi. Sehingga menjauhkan dari risiko terkena flu di musim hujan ini.

Jika sedang flu, sup ayam adalah pilihan tepat. Sup ayam dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas karena mengandung zat anti-inflamasi. Hal ini karena di dalam sup memiliki aroma rempah dan kuahnya yang hangat dapat menghilangkan sumbatan pada hidung akibat flu seperti mengutip Daily Mail.

 

 

Sumber : health.liputan6.com dengan judul : Kenapa Cepat Lapar Saat Hujan Turun?