BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPEMERINTAHANPERISTIWAPRODUK UNGGULAN

Berkunjung di Kerek, Ini Janji Mbak Puti Kepada Pengrajin Batik Gedog

Puti Guntur Soekarno saat berkunjung di pusat batik gedog Kerek

KIM Ronggolawe – Calon wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno, Rabu, (21/03) melakukan kunjungan ke sejumlah usaha batik gedog yang berada di Kecamatan Kerek.

Acara yang dikemas dalam bentuk kunjungan serta  perkenalan terhadap para simpatisanya tersebut, sekaligus digunakan Puti untuk menjaring aspirasi para pengrajin batik yang berada di Kecamatan tersebut, serta meninjau langsung proses pembuatan batik gedok dan tenun tradisional gedog yang kini sebagian sudah menggunakan alat tenun yang semi modern yakni  Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Dalam kunjunganya cucu Proklamator tersebut sangat terkesan dengan produk kebanggan Kecamatan Kerek yakni batik gedog Tuban  yang hingga kini masih mampu bertahan serta mampu bersaing dengan batik – batik nusantara lainya, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

“ Saya sangat apresiasi sekali dengan batik – batik yang ada di Jawa Timur terutama di Tuban ini, karena merupakan satu hal yang unik sekali dan patut dilestarikan,” ungkap wanita yang akarap disapa Mbak Puti tersebut.

Lebih jauh puti berharap jika ia kelak dipercaya untuk menjadi orang nomor dua di Jawa Timur akan mengupayakan batik sebagai Mulok (Muatan Lokal) dalam kurikulum pendidikan.

“Kita akan berupaya menjadikan batik sebagai muatan lokal dalam pendidikan, agar nantinya dari sekian banyak siswa yang ada, mungkin 10 sampai 15 ada yang berbakat dalam membatik, karena membatik adalah proses dan filosofi, bukan Cuma memnggambar saja,” sambung Puti.

Puti Guntur Soekarno saat mencoba memintal benang

Ditanya kiat khusus dalam mempromosikan batik, wanita berhijab ini mengaku jika terpilih nantinya akan mengenakan batik sebagai  busana kehormamatan jika diundang dalam acara – acara diluar daerah bahkan dilaur negeri.

“Ya, dengan memakai batik jika saya diundang keluar daerah atau diluar negeri ini cara saya untuk mempromosikan batik,” pungkasnya.

Terpisah Sekretaris tim pemenangan pasangan nomor urut dua  M. Abu Cholifah .ST kepada kimronggolawe.com menjelaskan bahwa tujuan calon wakil gubernur yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan serta sejuimlah partai pengusung lainya tersebut, adalah untuk mengtahui keluhan serta permasalahan yang saat ini menjadi kendala para pengrajin Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya batik gedog yang ada di Kecamatan Kerek.

“Batik gedog di Kerek ini wajib dikunjungi, agar tahu persoalan – persoalan yang menjadi keluhan pengrajin, sekaligus kami nantinya lakukan pemetaan terhadap beberapa persoalan, diantaranya permodalan serta pemasaraan serta mendorong Pemerintah Jawa Timur untuk memperhatikan UKM yang ada,” harap Abu Cholifah.

Diketahui sebelumnya selain mengunjungi sejumlah tempat pengrajin batik gedog di Kecamatan Kerek Puti Guntur Soekarno juga menyempatkan ziarah ke makam Asmoroqondi di Desa Gesikharjo Kecamatan Palang, blusukan ke Pasra Baru Tuban, serta menyempatkan mencicipi kuliner kas Tuban yakni  Belut Jangkar di Kecamatan Semanding, serta melakukan blusukan ke pasar ikan Desa Glondonggede Kecamatan Tambakboyo, serta diakhiri dengan silaturrami bersama Majelis Ta’limKhoirun Nisa’ di Desa Montong Sekar Kecamatan Montong. [AM/HA]

Related Articles

Back to top button