BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Ini Pemenang Lomba Fotografi PWI Tuban

Bupati Tuban dan Ketua PWI Tuban saat foto bersama juara lomba fotografi

KIM Ronggolawe – Raut wajah kebahagiaan terpancar pada tiga pelajar yang menang sebagai juara foto terbaik dalam acara lomba fotografi tingkat SMA. Kegiatan itu digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Tiga pelajar yang keluar sebagai pemenang, diantaranya Elfa Shauna Viandira dari SMAIT Al Uswah Tuban. Ia sebagai juara terbaik fotografi katagori potret keberhasilan masyarakat Tuban.

Kemudian Muhammad Ali Zainudindari dari SMAN 5 Tuban, sebagai juara fotografi katagori semangat masyarakat Tuban, dan Dedi Prasetyo Budi dari SMKN Rengel sebagai juara katagori fotografi human interest.

Mereka keluar sebagai juara setelah dewan juri menyeleksi sebanyak 50 foto yang dikirim para peserta. Selanjutnya, piala dan uang pembinaan buat para juara itu langsung diserahkan H. Fathul Huda, Bupati Tuban, di acara puncak HPN PWI Tuban, bertempat di Pendopo Tuban, Kamis, (15/3/2018).

Dedi Prasetyo Budi, salah satu pemenang mengaku sangat terkejut saat namanya di panggil untuk naik ke atas panggung. Karena dia tidak mengira jika fotonya terpilih sebagai foto terbaik katagori human interest.

“Semua foto yang dilombakan sangat bagus-bagus semua, dan saya bersyukur hasil karya saya terpilih,” ungkap Dedi Prasetyo Budi sambil melihat pameran foto di pendopo.

Ia menceritakan foto human interest yang diikutkan lomba menggambarkan seorang nenek sedang memilih sayur berada di pasar Rengel, Tuban. Foto itu diambil setelah mendapat kabar dari sekolah jika ada pameran foto dan lomba fotografi.

“Foto itu mengambarkan potret suasana pasar, dan gambar foto menimbulkan simpati dari orang yang melihat,” ceritanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN PWI Kabupaten Tuban, Mochamad Sudarsono, mengatakan kegiatan lomba fotografi itu merupakan serangkain dari kegiatan peringatan HPN 2018. Dengan harapan mampu melahirkan generasi fotografer yang handal asal Tuban.

“Rencana kegiatan serupa ini akan terus kita lakukan setiap satu tahunnya,” tambah Nonok panggilan akrab ketua panitia.

Lebih lanjut, pendaftaran lomba telah dimulai sejak tanggal 26 Febuari sampai 10 Maret 2018. Selanjutnya, semua foto yang dikirim oleh peserta diikutkan dalam pameran foto di acara puncak HPN PWI Tuban.

“Semua foto yang dikirim sangat bagus, dan saya yakin mereka memiliki bakat untuk menjadi fotografer handal,” terang Nonok.

Sebatas diketahui, puncak acara HPN PWI Tuban itu dilaksanakan diskusi publik yang mendatangkan pemateri dari dewan pers, PWI Jatim, Wakil Bupati Tuban, dan kenynote speaker H. Miyadi, Ketua DPRD Tuban.

Serta dalam acara itu juga dilakukan dilakukan penandatanganan deklarasi komitmen bersama pelaksanaan Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tentang keterbukaan informasi publik. [CH-PWI/AM]

Related Articles

Back to top button