BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Semen Indonesia Berikan Bimbingan Manasik Haji Bagi 650 Calon Jemaah Haji di Tuban

 

(Praktek manasik Haji di Perumdin SG Tuban)

KIM Ronggolawe– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara rutin menggelar kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji  bagi calon jemaah haji Kabupaten Tuban. Termasuk pada sesi terakhir diberikan praktek umroh dan haji yang berlokasi di open space perumdin SG di Tuban, Minggu (29/04).

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi. Di tahun ini, jadwal kegiatannya diawali pada tanggal. 4 April 2018, yakni acara pembukaan dan dilanjutkan dengan ceramah ‘Hikmah Haji’ oleh KH. Shalahudin Fatawi dari Kabupaten Lasem, berikutnya adalah materi tentang ‘Thoharoh dan Sholat Jama’ Qoshor’ yang disampaikan KH. Muhammad Alim (11/4) dari Kecamatan Montong Tuban, kemudian pembahasan mengenai ‘Haji Tamattu’ dengan pemateri KH. Muhammad Ainul Yaqin  (Gus Mad) Tuban (18/4), sedangkan pada sesi terakhir yaitu mengenai ‘Serba Serbi Permasalahan Haji’ termasuk update situasi dan kondisi terkini di tanah suci yang dijelaskan oleh H. Zahidin Direktur Radar Bojonegoro (25/4).

Para peserta mengikuti 4 tahap teori di atas yang berlangsung seminggu sekali di Gedung Graha Sandiya Komplek Perumdin SG di Tuban, selain itu Semen Indonesia juga memfasilitasi dalam penyelenggaraan praktek massal yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Tuban, pesertanya dari seluruh calon jemaah haji di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Semen Indonesia tepatnya dimulai pada tahun 2005 lalu.

Dalam sambutannya Kepala Departemen Produksi Semen Indonesia, Martanus Sanjaya menyampaikan bahwa kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke-13 kalinya. “Hal ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsbility (CSR) perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli (SI Peduli),” tandasnya saat membuka acara.

Jumlah peserta kegiatan manasik haji di tahun ini mencapai lebih kurang 650 orang termasuk 36 dari karyawan dan keluarga besar PT SG dari total keseluruhan jumlah seluruh calon jemaah haji dari Kabupaten Tuban sebanyak lebih dari 1.000 orang. Peserta manasik haji berasal di Kecamatan Merakurak, Jenu, Tambakboyo, Kerek, Montong, Rengel, Plumpang, Palang dan Kecamatan Kota.

“Dalam keikutsertaan kegiatan bimbingan ini peserta tidak dipungut biaya apapun, bahkan perusahaan menyediakan konsumsi maupun transportasi antar jemput bagi peserta,” tambahnya.

Lebih lanjut ia berharap kepada masing-masing peserta untuk dapat menyelipkan doaa saat di tanah suci agar perusahaan tetap jaya, sehingga tetap dapat memberikan program-program unggulan bagi masyarakat sekitar serta meningkatkan kualitas pelayanannya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Tuban, H. Sahid yang turut hadir dalam acara pembukaan menyampaikan apresiasi kepada Semen Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan manasik haji yang telah rutin diberikan bagi calon jamaah haji di Kabupaten Tuban. Hal ini dapat dibanggakan setiap adanya pertemuan seluruh Kantor Kemenag Jawa Tumur, mengingat penyelenggaraan di Tuban lokasinya sangat representatif.

“Tidak ada kabupaten di Jawa Timur ini yang dapat memberikan fasilitas praktek manasik haji sebaik di Kompleks Perumahan SG di Kabupaten Tuban,” ungkapnya sambil mencontohkan di tempat lainnya banyak yang kegiatannya hanya berkisar di dalam satu ruangan saja. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button