BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPENDIDIKAN

HOLCIM Konsisten Dukung Peningkatan SDM Lokal Melalui Program Beasiswa EVE

KIM Ronggolawe – Konsisten dengan komitmen untuk turut membangun kompetensi sumber daya manusia lokal melalui bidang pendidikan, PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban melepas enam siswa lulusan SLTA/SMK yang berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan Diploma III melalui program EVE (Enterprise-Based Vocational Education) yang berkonsentrasi pada Teknologi Semen, untuk mengikuti pendidikan sekaligus kerja lapangan di PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap dan Pabrik Narogong. Seremoni pelepasan dilakukan pada hari Kamis, 5 Juli 2018 oleh GA & Community Relations Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma.

Enam siswa tersebut menjadi peserta Program EVE angkatan keempat belas di tahun 2018 dari total 48 siswa dari seluruh área operasi Holcim di Indonesia, yang berhasil lolos dalam semua tahapan seleksi Program EVE. Keenam siswa tersebut berasal dari Kec. Bancar (1 orang), Merak Urak (2 orang), Jenu, (2 orang) dan Tambakboyo (1 orang).

 

Program EVE dimulai sejak tahun 2005 dan merupakan program belajar selama tiga tahun dengan kurikulum politeknik setara Diploma III Program Studi Teknik Mesin dengan konsentrasi Rekayasa Industri Semen. Selain mendapatkan pendidikan gratis selama tiga tahun, siswa yang lolos seleksi dalam Program EVE, akan mendapatkan uang tunjangan bulanan berupa uang saku dan tunjangan perumahan, buku materi pelajaran dan seragam, serta Ijasah Diploma III resmi dari Politeknik Negeri Jakarta.

Sistem pembelajaran Program EVE terdiri dari modul praktis 20%, teori 30%, dan praktek kerja lapangan (OJT) 50%. Dengan 50% komponen kerja lapangan, diharapkan lulusan Program EVE akan menjadi lulusan yang siap bekerja. Pada saat lulus nanti, para siswa akan mendapatkan sertifikat dari Holcim Indonesia sebagai Teknisi Semen dengan keahlian khusus sebagai teknisi mekanik, teknisi listrik, teknisi produksi, teknisi tambang, dan lain sebagainya. Pada saat ini, terdapat 64 orang siswa lulusan program EVE asal Tuban yang telah lulus dan sudah bergabung di Holcim Indonesia Pabrik Tuban.

Selain EVE, beberapa program CSR lainnya yang dilakukan Holcim Indonesia Pabrik Tuban di bidang pendidikan antara lain; Program Gerakan Orang Tua Asuh (GHOTA), English Village untuk masyarakat sekitar pabrik, juga Program Kejar Paket C, dan lainnya. Beberapa program infrastruktur untuk mendukung program pendidikan juga dilakukan, antara lain Pembangunan Gedung TPQ Al anwar di Desa Kedungrejo, Pembangunan tambahan ruang kelas di Desa Merkawang dan pembangunan Gedung MI di Desa Mliwang dan Kedungrejo.

“Program EVE merupakan salah satu bentuk kepedulian Holcim di bidang pendidikan. Melalui program ini, kami ingin berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kompetensi siswa-siswa berprestasi dari wilayah lokasi operasional pabrik Holcim di Pulau Jawa maupun Sumatera agar memiliki daya saing yang tinggi. Kami bekerjasama dengan universitas lokal dalam pembekalan para siswa/i EVE untuk menyiapkan mereka menjadi teknisi semen yang berkualitas. Setelah lulus nanti, mereka diberi kebebasan untuk menentukan karir, baik di Holcim maupun di luar Holcim, dan saat ini sudah ada 89 orang lulusannya yang sudah bekerja, baik di Holcim maupun di perusahaan lain,” tutup Trayudi Darma. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button