BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPARIWISATAPEMERINTAHANPERISTIWAPRODUK UNGGULAN

Istri Wapres RI Resmikan BUMDes Margo Makmur

Ketua Dekranas Pusat, Mufidah JK saat memotong pita pencanangan Kampung Batik Gedog

Kim Ronggolawe – Usai melaksanakan rangkaian kegiatan di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Kamis (03/05).

Dari pantauan reporter kimronggolawe.com di lokasi acara, Mufidah Jusuf Kalla yang didampingi Nina Soekarwo yang juga Ketua Dekranas Provinsi Jawa Timur dan Bintang Puspayoga, istri Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan (UKM) kedatanganannya disambut antusias oleh Pemerintah Desa, Kecamatan dan masyarakat sekitar.

Bahkan, sejak turun dari mobil rombongan, tamu negara itu disambut Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, Wakil Bupati Tuban yang didampingi istri dengan alunan musik tradisional tongklek yang diarak menuju rumah-rumah warga menyaksikan langsung kearifan lokal berupa proses-proses membatik mulai dari Nganteh, Mbibis, memintal, menenun, membatik, hingga proses bahan jadi siap jual.

Drs. Agus Wijaya, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Tuban saat dikonfirmasi di lokasi acara mengatakan, kedatangan istri Wakil Presiden yang juga ketua umum Dekranas Pusat itu dalam rangka peresmian BUMDes “Margo Makmur” dan pencanangan “Kampung Wisata Batik” yang dicanangkan oleh Pemkab Tuban bersama Pemdes setempat.

“Kegiatan ini sangat positif, semoga ke depan bisa bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi warga masyarakat setempat, sehingga bisa berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan pengrajin batik,” ucap mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban itu.

Mantan Camat Montong ini juga berharap, semoga BUMDes ini bisa berjalan lancar dan pencanangan Kampung Wisata Batik yang digadang oleh Pemdes dan warga sejak lama itu bisa terwujud.

Dilokasi acara juga terdapat puluhan stand pameran produk unggulan dari desa sekitar yang menyajikan berbagai makanan khas daerah, seperti kucur, rengginang, dumbek, minuman legen dan sebagainya serta kesenian tradisional tayuban yang masih banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban ini. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker