BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Pemaparan Visi dan Misi Calon Rektor Unirow, Ini Harapan Ketua PPLP-PT PGRI Tuban

KIM Ronggolawe – Universitas PGRI Ronggolawe Tuban saat ini telah mempersiapkan pergantian rektor untuk periode 2023-2027.

Ada dua nama calon Rektor Unirow Tuban, yaitu DR Warli, M.Pd selaku Wakil Rektor 1 dan DR. Drs. Usep Supriatna, M.Pd selaku Dekan Fakultas Fisip Unirow.

Proses pergantian rektor tersebut, menyusul habisnya masa periode Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes selaku rektor saat ini pada 26 Agustus 2023 mendatang.

Ketua PPLP-PT PGRI Tuban Drs. H. Totok Supijanto dalam keterangannya mengatakan, Unirow saat ini telah melakukan seleksi calon rektor, jadi bukan pemilihan.

“Ini sesuai kebijakan Kemenristekdikti, sekarang tidak pemilihan karena ini bukan jabatan politik, jadi kebijakannya melalui seleksi,” ujarnya, Rabu (16/08).

Untuk tahap seleksi ini, timpal Totok ada beberapa indikator syaratnya, di antaranya harus menyampaikan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Bagaimana jika calon rektor tidak melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat? Maka tidak bisa jadi rektor,” tegas dia.

Berdasarkan indikator itu, lanjut dia akan diteliti oleh panitia seleksi (Pansel), Senat akan memberikan pertimbangan, yang menentukan bagian penyelenggara, itulah aturannya.

“Unirow ini satu-satunya perguruan tinggi PGRI di Jatim yang telah melaksanakan seleksi ini,” klaim Totok.

Sehingga, dari kedua kandidat calon rektor Unirow itu, kata dia hari ini mereka melaksanakan pemaparan visi dan misi serta program kerja jika nantinya terpilih menjadi rektor.

“Tahapannya sejak 1 – 20 Agustus 2023, 19 Agustus SK pengangkatan rektor baru masuk ke yayasan,” bebernya.

Ia berharap, untuk rektor yang terpilih nantinya adalah yang visioner dan berwawasan global. Sebab, saat ini kampus dituntut untuk dapat bersinergi dengan jaringan luar negeri.

“Kerja sama dalam negeri itu nilainya sedikit. Kita tidak muluk-muluk, Unirow dapat unggul di Jatim wilayah barat, itu sudah sangat bagus,” targetnya.

Sementara itu, rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes merasa sangat bersyukur dapat menjalankan amanah badan penyelenggara selama 2 periode dari 2015 hingga 2023 saat ini.

“Dalam 2 periode ini alhamdulillah bisa mengantarkan Unirow dapat diperhitungkan. Sebab dikancah nasional kita juga bisa bersanding dengan PTN,” jelas Prof Dian sapaannya.

Selain itu, ia juga beberkan capaian unirow yang sering kali mendapat hibah baik dalam maupun luar negeri. Dan mampu meningkatkan akreditasi institusi, mendirikan pascasarjana dan mendirikan Pendidikan Profesi Guru (PPG) serta beberapa capaian lainnya.

“Harapan ke depan semoga Unirow semakin menjadi kampus yang di hati masyarakat, berkualitas dan diminati serta berdaya saing di era global,” pungkasnya.[CH/AM]

Related Articles

Back to top button