Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Semen Gresik Sosialisasikan P2M-SG di Desa Kedungrejo

Semen Gresik Sosialisasikan P2M-SG di Desa Kedungrejo

12 Juli 2018 12:58 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Guna  mewujudkan program secara partisipatif, mandiri dan berkelanjutan serta berkomitmen membangun masyarakat yang semula kurang berdaya menjadi berdaya sesuai dengan visi bersama, PT Semen Indonesia Kamis, (12/07) menyelenggarakan sosialisasi tingkat desa  Program Pemberdayaan Masyarakat  Semen Gresik (P2M-SG), yang diselenggarakan di balai desa setempat.

Sekitar 50 undangan hadir dan dengan seksama mengikuti sosialisasi yang dipimpin oleh Sekretaris Desa Kedungrejo  Waryul Khoiri, dalam sambutanya Sekdes yang belum genap satu tahun menjabat tersebut menyatakan bahwa pihak Desa Kedungrejo sendiri telah merencanakan anggaran yang dikucurkan oleh pihak perusahaan sebesar 250 juta rupiah tersebut untuk rehab balai desa serta pembuatan parkiran mobil siaga.

” Untuk tahun ini plot utama adalah rehab balai desa dan pembangunan parkiran mobil siaga desa sedangkan plot untuk pemberdayaan nilainya sangat  kecil,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Wafi tersebut juga berharap serta mengajak untuk semua elemen dan lembaga yang ada di desa  sama – sama memperbaiki kelembagaanya baik  secara administratif maupun secara administrasi serta mengajak untuk memperbaiki kepengurusan organisasi yang ada.

“Sebelum menerima kemanfaatan dana dari perusahaan ayo  diperbaiki dulu kepengurusan organisasi yang ada, dan saya selaku jajaran perwakilan dari Pemerintah Desa  mengajak mari sama sama memperbaiki elemen yang ada di Desa Kedungrejo ini,” pungkas Sekdes.

Sementara Andik Sutikno selaku perwakilan dari PT. Semen Gresik memamparkan bahwa tujuan dari sosialisasi P2M S- G adalah untuk memberikan informasi yang sama terkait program Semen Gresik di tahun 2018 ini yang merupakan lanjutan FMK (Forum Masyarakat Kokoh).

” P2M-SG ini bukan mengganti FMK namun, akan mendampingi dan akan ditambah 2 orang anggota FMK lagi agar lebih baik kedepanya,” terang Andik.

Pria yang populer dengan nama sebutan Andik Istimewa tersebut juga menjelaskan bahwa tiap tahunya PT. Semen Gresik selalu berkontribusi terhadap warga sekitar perusahaan dan  khusunya warga Desa Kedungrejo, terbukti pada tahun pertama peluncuran program FMK warga desa tersebut telah menerima kemanfaatan yang diwujudkan dalam pembuatan pagar sekolah TK serta saluran air, sedangkan untuk tahun ke dua dana tersebut digunakan untuk pembuatan kantor desa, sedangkan untuk tahun ke tiga ini adalah pemberdayaan.

” Kami berharap sosiliasisi ini bisa diterima sebelum program tersebut dilaksanakan dan partisipasi dari panjengenan sangat kami harapkan,” pungkas Andiik.

Diketahui dalam program P2M-SG ini FMK sendiri mendapat jatah 10 persen dari jumlah diterima oleh pihak desa, yakni 25 juta rupiah, yang mana dana tersebut diperuntukan bagi biaya penyusunan rencana kegiatan FMK, biaya rapat, biaya Ceremony program, laporan pertanggungjawaban internal FMK dan lain sebagainya. [AM/HA]

Komentar Facebook