Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » PKK Tuban Gelar Lomba Green And Clean 2018, Ini Indikator Penilaianya

PKK Tuban Gelar Lomba Green And Clean 2018, Ini Indikator Penilaianya

20 Juli 2018 1:33 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Lomba Green and Clean 2018 yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tuban kembali dilaksanakan mulai Selasa, 17 Juli 2018 diawali dari Kecamatan Bangilan dilanjutkan dengan kecamatan lain pada waktu berikutnya.

Dalam penilaian lomba di 20 Kecamatan tersebut, dipimpin langsung Ketua TP PKK Kabupaten Tuban Hj. Qodiriyah Fathul Huda didampingi tim penilai dari Pokja 3 dan Pokja 4 TP PKK Kabupaten Tuban, tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dan bersih dalam keluarga dan lingkungannya.

“Ada beberapa indikator yang harus terpenuhi yaitu Penghijauan, Kebersihan serta Partisipasi dan peran serta masyarakat,” ujar Hj. Qodiriyah Fathul Huda, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban saat ditemui dalam penilaian lomba di Kecamatan Parengan.

Istri Bupati Tuban ini menerangkan bahwa pada Indikator pertama, yaitu penghijauan, penilaian akan difokuskan pada optimalisasi lahan pekarangan disekitar wilayah hunian, penghijauan di lingkungan sekitar, optimalisasi pemanfaatan pekarangan desa dan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan di kantor kecamatan.

Ibu 4 orang anak ini menambahkan, bahwa untuk Indikator yang kedua, akan dinilai kebersihan yang dimulai dari sekitar hunian, kebersihan di jalan dan lingkungan sekitar desa sampai dengan tingkat kecamatan. “Selain itu juga akan dinilai pengelolaan sampah dan ketersediaan bank sampah untuk menampung sampah dari warga,” imbuhnya.

Perempuan yang akrab disapa Bu Huda ini juga mengingatkan akan pentingnya peran serta masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pada indikator ketiga ini, penilain akan menyasar pada kebersihan rumah, kondisi kamar mandi, kamar tidur, drainase dan juga pola konsumsi keseimbangan gizi makanan untuk keluarga. “Berperilaku hidup bersih dan sehat harus sudah menjadi kebiasaan, bukan hanya saat di lakukan lomba seperti saat ini saja, sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat dengan lingkungan yang bersih dan hijau,” harapnya.
Dengan diadakan kegiatan green and clean ini diharapkan tidak hanya satu orang atau keluarga saja. Tetapi seluruh masyarakat yang ada dilingkungan tersebut. “dengan begitu lingkungan akan menjadi bersih, indah, sehat dan nyaman,” pungkasnya.

Lomba Green And Clean TP PKK Tuban 2018 ini dijadwalkan terseleggara selama 10 hari di mulai dari Selasa (17/07/18) di Kecamatan Bangilan dan Senori dan akan berakhir pada Selasa (31/07/18) di Kecamatan Jatirogo dan Kenduruan. [CH/AM]

Komentar Facebook
Tags:
Categorised in: ,