BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

Berwirausaha Di Tengah Bisingnya Fenomena Pabrik Semen

IMG_20160530_111620-picsayKIM Ronggolawe – Berada di antara kawasan dua pilar pabrik Semen berskala internasional ternyata tidak membuat tergugah hatinya bagi pria yang satu ini, untuk bekerja menjadi buruh pabrik yang di idam idamkan sebagian orang saat ini.

Sukirno sosok pria tambun yang akrap di sapa Mbah Sukir Warga Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban  ini malah mencoba berinovasi dengan bertenak bebek petelor, ia mengawali usahanya ini dari dua bulan yang lalu, dengan memelihara sekitar 100 ekor bebek.  dalam waktu dua bulan terahir ini ternyata usaha yang ia rintis menunjukan trend yang positiv walaupun masih banyak kendala yang ia hadapi namun tak membuatnya patah semangat.

Menurutnya dalam  kurun waktu satu hari bebek bebek yang ia pelihara bisa menghabiskan pakan 18 – 26 Kg. yang mana pakan tersebut di oplos dengan berbagai macam pakan ternak bebek diantaranya sentrat, skam halus ( bekatul), ataupun juga nasi bekas ( Karag) untuk mensiasati membengkaknya pengeluaran ” Biasanya dalam satu hari bisa menghabiskan 18 sampai 26 kilo pakan, ya kalau di itung untuk pakan saja ya hampir 70 ribu perharinya, itupun masih tak siasati “ kata pria berjanggut ini.

Lebih lengkap ia mengatakan bahwa kendala yang saat ini ia hadapi adalah perubahan cuaca yang mana ini bisa mengakibatkan perkembangan hewan piaraanya kurang maksimal dan terlebih lebih bisa stres ” Disamping cuaca yang tidak menentu masalah pemasaran telor ini pun juga menjadi kendala yang paling utama, karena susahnya mencari agen telur serta ketatnya persaingan bisnis” imbuhnya.

Menurutnya untuk saat ini bebek bebek yang ia pelihara dapat menghasilkan 60 – 70 butir per hari, serta biasanya pula  telur telur yang sudah terkumpul akan di ambil oleh agen telur asin dari wilayah Tambakboyo yang mana, dalam satu butirnya biasanya di hargai dengan Rp 1.600 namun tak jarang pula ia harus memutar otak untuk mencari agen yang lainya, karena agen langgananya juga tak hanya menampung telur dari ternak yang dihasilkanya saja. [AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button