Peduli Korban Gempa, 3 Personel Delegasi TAGANA Tuban Berangkat ke Lombok, NTB

KIM Ronggolawe – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si memberangkatkan 3 personel anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Tuban untuk menjadi relawan bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Prosesi pemberangkatan tersebut dilaksanakan di depan kantor Wabup komplek Pemkab Tuban, Rabu (15/08) yang dihadiri oleh kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban, Hj. Nur Janah, pembina dan puluhan anggota TAGANA Tuban, sekaligus memberangkatkan logistik bantuan hasil donasi dari para donatur yang terkumpul.

“Dengan mengucap Bismillaahirrohmaanirrohiim, Laa haula walaa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim Tagana dari Kabupaten Tuban saya nyatakan diberangkatkan menuju pulau Lombok, NTB,” ucap wabup yang disambut riuh tepuk tangan anggota Tagana yang hadir.

Wabup mengatakan, atas nama Pemkab dan masyarakat Tuban sangat mengapresiasi Tagana yang senantiasa siaga dalam menjalankan tugas-tugas sosial kemanusiaan, dalam hal turut ambil bagian sebagai relawan bencana di Lombok.

Wabup berpesan, kepada 3 personel delegasi Tagana Tuban agar selalu mengedepankan kesehatan dirinya, “karena sudah merasa siap menjadi relawan disana, saya berpesan jaga dulu kesiapan fisik, mental dan kesehatan anda sebelum bisa menolong dan membantu saudara kita disana. Jangan sampai pulang dari sana malah anda sakit nanti malah repot. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Tuban,” pesan wabup dalam arahannya.

Menurut wabup 2 periode ini, Tagana sebagai generasi muda ini, kepedulian tentang kemanusiaan, menolong dan membantu saudara kita yang terdampat musibah ini sangat luar biasa dan patut mendapat apresiasi.

Sementara itu, Harsono Tri Asworo Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos P3A Tuban menambahkan, ketiga personel delegasi Tagana Tuban merupakan orang-orang pilihan dan terlatih. Mereka adalah M. Rajab Alawi (Tim Layanan Dukungan Psikososial) MH. Athoillah (Tim Shelter) dan Sutarno (Tim Dapur Umum).

“Mereka akan diberangkatkan besok oleh Tagana Provinsi Jatim bersama kabupaten lainnya. Total ada 15 personel pada gelombang 2 ini yang rencananya disana selama lebih dari 30 hari, meliputi Tuban 3 orang, Ponorogo 6 orang, Banyuwangi 3 orang dan Situbondo juga 3 orang,” terang pria yang akrab dengan awak media ini.

Di tempat yang sama, Sutarno, salah satu delegasi Tagana yang akan diberangkatkan menyampaikan bahwa dirinya sudah siap 100 persen secara fisik dan mental. “Saya sudah izin keluarga, alhamdulillah sudah diizinkan,” pungkas pria lajang 35 tahun ini.

Dari data yang diperoleh dari koordinator Tagana Tuban, M. Zainuri, total bantuan donasi yang terkumpul sejumlah lebih Rp. 27 juta. Kemudian, donasi tersebut dibelanjakan berupa mi instan, beras, minyak goreng, peralatan mandi dan beberapa makanan khas Tuban untuk dibagikan kepada korban gempa disana. [CH/AM]