BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYAPEMERINTAHANPERISTIWA

Pawai Ta’aruf Awali Rangkaian Festival Muharram Tuban Bumi Wali

KIM Ronggolawe – Peringati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H., lebih dari 4000 santri dan Ustad / ustadzah se-Kabupaten Tuban mengikuti pawai ta’aruf sebagai rangkaian acara Festival Muharram Tuban Bumi Wali, Selasa (11/9).

Pawai ta’aruf kali ini diikuti 33 kafilah dari 20 Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-kabupaten Tuban,  perwakilan Lembaga Pendidikan Islam (LPI), Sekolah dibawah PD Muhammadiyah dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Se-Kabupaten Tuban.

Asisten Administrasi Umum Setda Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo dalam laporannya menyatakan bahwa Festival Muharram dilaksanakan dengan tujuan menyemarakkan Tahun Baru Islam sebagai budaya islam yang merupakan agama mayoritas di Kabupaten Tuban. Selain itu kegiatan ini juga untuk syiar guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. “Selain itu sebagai sarana silaturahmi dalam memperkuat ukhuwah Islamiyah” Ujarnya.

Amin juga menjelaskan bahwa Pawai Ta’aruf merupakan bagian dari Festival Muharram Tuban Bumi Wali yang digelar sampai tanggal 18 September 2018, yang dalam rangkaiannya akan digelar berbagai acara, diantaranya Lomba Da’I Da’iyah, Lomba nasyid, Festival Band Musik Islami tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MA dan sebagai pembuka Kegiatan ini adalah Pengajian dengan menghadirkan pembicara KH, Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo. Pada Selasa Malam (11/9).

Bupati Tuban. H. Fathul Huda menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Festival Muharram ini sebagai rangkaian dalam memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah. Bupati menuturkan bahwa memang sepatutnya sebagai umat islam menyambut gembira dengan Tahun Barunya ini.

Bupati mengajak semua yang hadir kembali mengingat jaman dahulu, kisah terjadinya Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah Ke Madinah, peristiwa besar yang patut menjadi pelajaran penting umat Islam. “selama 40 Tahun hidup di Mekkah, Islam belum berkembang dengan pesat, tetapi setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah Ke Madinah, Perkembangan Islam menjadi luar biasa.” Jelas Bupati Huda.

Bupati berharap dengan Tahun Baru ini dapat menjadikan setiap orang dapat berubah menjadi Pribadi yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya.

Sebagai Informasi, Pawai Ta’aruf Festival Muharram Tuban Bumi Wali mengambil Rute Start di Depan Pemkab Tuban di Jalan Kartini, belok kanan ke Jalan Veteran dan belok kanan lagi menuju jalan Basuki Rahmad, sampai di perempatan Kembang Ijo Kafilah tetap lurus Ke barat kearah Jalan Sunan Kalijaga dan Finish di Depan Kecamatan Kota Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button