Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Peringati Hari Batik, Kampung Batik Margorejo Gelar Wilujengan dan Tasyakuran

Peringati Hari Batik, Kampung Batik Margorejo Gelar Wilujengan dan Tasyakuran

2 Oktober 2018 6:44 pm | diplublikasikan oleh |

 

KIM Ronggolawe – Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, Pemerintah Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban menggelar acara Wilujengan dan Tasyakuran di sanggar batik “Margo Makmur” desa setempat, Selasa (02/10).

Hal ini sebagai salah satu upaya pihak Pemdes dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Margo Makmur” memberikan kepercayaan kepada pemerintah maupun masyarakat atas diresmikannya Margorejo sebagai Kampung Batik di Kabupaten Tuban oleh Hj. Mufidah Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden RI awal Mei 2018 lalu.

Sonif Efendi selaku ketua panitia peringatan acara tersebut mengatakan, pihaknya ingin menunjukan bahwa BUMDes “Margo Makmur” Desa Margorejo Kecamatan Kerek yang notabene baru seumur jagung telah mampu untuk melaksanakan program pemerintah yang bergerak di bidang perekonomian dan pemberdayaan, yang mampu mengangkat potensi yang ada di Desa Margorejo, khususnya Batik Tulis dan Tenun Gedog, yang mana para pengrajin batik di desanya ternyata sangat bangga dan terbantukan dengan berdirinya BUMDes “Margo Makmur” yang telah diresmikan ibu Wapres RI beberapa waktu lalu.

“Kami masih tahap belajar, mohon selalu dukungan dari semua pihak, baik itu pemerintah, OPD terkait, serta para pengrajin lainya, demi mewujudkan Margorejo sebagai ikon Kampung Batik di Kabupaten Tuban,” harap pria yang juga sebagai ketua BUMDes “Margo Makmur” tersebut.

Sementara itu, Junaedi selaku Kepala Desa Margorejo menambahkan, dengan ikut memperingati Hari Batik Nasional ini, pihaknya mengajak masyarakat Margorejo khususnya pelaku batik, biar lebih mencintai dan menghargai warisan budaya batik yang dimiliki dan terus dikembangkan serta dilestarikan.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Tuban dan Dekranasda Tuban lebih memperhatikan para pelaku batik di Margorejo, dan memberi solusi atas segala permasalahan yang ada pada pengrajin batik, serta selalu didukung dan didampingi sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian,” imbuh Kades Margorejo yang juga termasuk ring 1 PT. Semen Indonesia ini.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Drs. Agus Wijaya, M.AP dan Kepala Dispemas KB Tuban, Drs. Mahmudi, M.Si yang didampingi Camat Kerek, Sugeng Purnomo, S.IP, Kabag Kesra Pemkab Tuban, H. Eko Julianto, S.STP. MM. Perwakilan Bina Lingkungan PT. Semen Indonesia, serta ratusan undangan lainnya termasuk pengrajin batik tulis dan tenun gedog se-Kecamatan Kerek. [CH/AM]

Komentar Facebook