Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Sasar KPM PKH, RT dan RW

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Sasar KPM PKH, RT dan RW

10 Oktober 2018 7:21 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Sedikitnya 300 peserta dari unsur Keluarga Penerima Manfaat (PKH) penerima Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, di balai desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (10/10).

Selain KPM PKH, acara sosialisasi tersebut dihadiri seluruh ketua RT, RW dan perangkat desa setempat. Tujuannya untuk sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan meliputi empat program di antaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Untuk KPM PKH dan RT/RW hanya disosialisasikan dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK),” ujar Rofiul Mashudi kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tuban.

Adapun biaya per bulan untuk dua program jaminan ini hanya Rp 16 ribuan bagi KPM PKH, sedangkan untuk ketua RT, RW, LPMD, BPD, Bumdes dan yang ada kaitannya dengan pemerintahan desa iurannya cuma Rp 11 ribuan.“Sangat murah kan? Biaya preminya tidak sampai Rp 20 ribu sebulan,” tambah Rofiul.

Selain itu, pihaknya juga menerangkan tujuannya, disamping menjamin jika terjadi kecelakaan kerja seperti biaya transportasi, perawatan standart rumah sakit pemerintah kelas 1 hingga sembuh, penggantian gaji sementara tidak mampu bekerja, santunan jika meninggal karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali gaji, santunan berkala Rp 200 ribu per bulan selama 2 tahun, biaya pemakaman Rp 3 juta, bea siswa untuk anak Rp 12 juta yang masih bersekolah. Dan jika ada yg meninggal diluar hubungan kerja ada santunan Rp 24 juta.

Itu semua lanjut pria berkacamata ini, agar bisa menjaga keberlangsungan ekonomi keluarga, mencegah timbulnya angka kemiskinan baru jika terjadi risiko kecelakaan kerja hingga kematian.

“Jadi wujud kehadiran pemerintah dalam pemenuhan hak masyarakat pekerja dan mencegah timbulnya angka kemiskinan baru. Disamping menumbuhkan semangat agar masyarakat mau dan giat bekerja,” terang pria yang pernah bertugas di BPJS Ketenagakerjaan Kediri ini.

Harapannya, semua warga terutama yang memiliki aktivitas pekerjaan apapun bisa sadar akan pentingnya manfaat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, bukan hanya di Kecamatan Kerek, tetapi di semua kecamatan se Kabupaten Tuban. [CH/AM]

Komentar Facebook