Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Bupati Resmikan Pasar Tradisional di Desa Merkawang Yang Dibangun Holcim

Bupati Resmikan Pasar Tradisional di Desa Merkawang Yang Dibangun Holcim

16 Oktober 2018 8:09 pm | diplublikasikan oleh |

(Bupati Tuban saat menandatangani prasasti pasar tradisional Desa Merkawang)

KIM Ronggolawe – PT Holcim Indonesia Tbk – Pabrik Tuban melakukan serah terima Program CSR Pembangunan Pasar Tradisional di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Acara yang dihadiri oleh GA & Comrel Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma, Pemerintah dan perwakilan masyarakat Desa Merkawang, sekaligus menandai peresmian bangunan pasar oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda.

Bangunan yang terdiri atas 16 kios di lantai satu ini, memiliki atap beton atau berada dalam kondisi siap untuk dibangun lantai dua. Pasar tradisional ini merupakan wujud komitmen Holcim untuk terlibat dalam pembangunan berkelanjutan melalui penguatan ekonomi. Salah satunya, melalui program infrastruktur meningkatkan kualitas fasilitas umum dan sosial masyarakat di sekitar Pabrik Tuban.

Pembangunan Pasar tradisional Merkawang dilakukan di atas lahan seluas 2.060m2, berlangsung selama 4 bulan sejak April 2018 dengan melibatkan tenaga kerja dan kontraktor lokal. Program ini muncul berdasarkan hasil diskusi dengan pemangku kepentingan dan analisa kebutuhan secara mendalam. Keberadaan pasar tradisional Merkawang tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Desa Merkawang, namun juga beberapa desa dari empat Kecamatan lainnya, yaitu Desa Glondonggede, Karangasem, Sawir, Mliwang, Socorejo bahkan Merakurak. Dengan memperbaiki kualitas fasilitas pasar, tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya, namun juga mendorong peningkatan aktivitas perekonomian di dalamnya.

(Foto bersama usai peresmian pasar tradisional Desa Merkawang)

Dalam sambutannya di sela-sela peresmian, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan, program ini termasuk tepat sasaran, karena sesuai dengan perhatian pemerintah akan upaya peningkatan perekonomian. Ini bukan program CSR dalam bentuk donasi atau filantropi, tetapi program pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini, Pemkab memberikan apresiasi pada PT Holcim Indonesia Tbk dan Kepala Desa Merkawang.

“Kami berharap keberadaan pasar tradisional Merkawang, akan semakin mendorong produktivitas ekonomi masyarakat Desa Merkawang dan desa-desa disekitarnya. Semoga semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat positifnya dan mari kita jaga dan pelihara bersama-sama keberadaan Pasar tradisional Desa Merkawang,” tutup Trayudi Darma menambahkan yang disampaikan bupati. [CH/AM]

Komentar Facebook