Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Pameran Bursa Kerja di Tuban, 43 Perusahaan Sediakan 1.041 Lowongan Kerja

Pameran Bursa Kerja di Tuban, 43 Perusahaan Sediakan 1.041 Lowongan Kerja

16 Oktober 2018 2:46 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Pameran Bursa Kerja 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban resmi dibuka oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M,Si di gedung Budaya Loka Tuban, Selasa (16/10).

Pameran bursa kerja terbesar di Kabupaten Tuban tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yakni dari tanggal 16-17 Oktober 2018 yang diikuti oleh 37 perusahaan lokal dan 6 perusahaan skala provinsi, dengan menyediakan total formasi kebutuhan 885 lowongan kerja untuk perusahaan lokal dan 156 lowongan kerja untuk perusahaan provinsi.

Tajuddin Tebyo, kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan pembangunan Nasional khususnya di bidang ketenagakerjaan ditentukan oleh ketersediaan informasi yang akurat mengenai perkiraan jumlah kebutuhan ketersediaan tenaga kerja, baik di tingkat nasional, regional, sektoral menurut struktur umur, pendidikan serta karakteristik-karakteristik demografi lain.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban tahun 2017 angka pengangguran sebesar 22.198 orang, sedangkan penduduk usia kerja sebesar 911.985 orang. Untuk jumlah angkatan kerja sebesar 653.981 orang dan penduduk yang bekerja sebesar 631.783 orang. Adapun tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 71,71 persen, sedangkan untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 3,39 persen.

Pihaknya juga membeberkan, pencari kerja yang terdaftar di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker Tuban tahun 2017 sebanyak 6.573 orang dan tenaga kerja yang ditempatkan sebanyak 5.021 orang. Selanjutnya dari data itu, diperoleh tingkat pencari kerja terbanyak adalah tingkat SLTA sebesar 3.403 orang dan sarjana sebesar 2.257 orang. Kondisi tersebut menggambarkan banyaknya SDM yang belum terserap pada lapangan kerja khususnya di sektor formal.

“Sesuai dengan misi Pemkab Tuban ke – 5 yaitu Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merata dan berkeadilan maka sebagai wujud tanggungjawab dinas kami sebagai institusi yang membidangi ketenagakerjaan bertugas untuk menciptakan perluasan dan kesempatan kerja dengan menjembatani perusahaan untuk melakukan rekrutmen kepada pencari kerja melalui pameran bursa kerja,” ungkap Tajuddin.

Sehingga, lanjut Tajuddin, melalui pameran bursa kerja ini bisa mempertemukan perusahaan pemilik pekerjaan dengan para pencari kerja, dengan cara dapat diketahui secara transparan lowongan kerja yang tersedia sesuai dengan kompetensi bidang yang dibutuhkan, dengan target sasaran diutamakan warga Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si usai membuka dan meninjau stand pameran bursa kerja saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya merasa sangat senang dengan adanya kegiatan bursa kerja ini. “Semoga ini bukan hanya acara rutin seremonial saja, tapi yang penting berapa tenaga kerja bisa direkrut dan bisa bekerja dengan adanya bursa kerja ini,” terang Wabup saat didampingi beberapa kepala OPD yang datang.

Namun, Wabup menyayangkan, karena mayoritas para peserta adalah perusahaan finance, sehingga pihaknya meminta hal ini sebagai evaluasi agar kedepan perusahaan-perusahaan besar di Tuban juga ikut berpartisipasi. “Selama ini perusahaan besar membuka lowongan pekerjaannya hanya disampaikan pada warga ring-1 saja, padahal kita sudah minta agar mereka berpartisipasi pada bursa kerja ini, agar lebih transparan dan diketahui masyarakat banyak,” keluh Wabup.

Sehingga kedepan, lanjut Wabup, perlu disamakan persepsi supaya lowongan pekerjaan yang disediakan perusahaan sesuai dengan amanat UU diinformasikan secara terbuka kepada publik. [CH/AM]

Komentar Facebook