BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Kemenag Tuban Gelar Evaluasi Pelaksanaan Ibadah Haji 2018

KIM Ronggolawe – Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban telah dilaksanakan kegiatan “Evaluasi Ibadah Haji tahun 2018 dan Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2019”, selasa (09/10).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Tuban, Ketua KBIH se Kabupaten Tuban dan Ketua Rombongan Haji Kloter 42, 43, dan 44 tahun 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Drs. H. Sahid, MM menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas partisipasi semua pihak yang ikut andil dalam kegiatan Pemberangkatan Haji 2018.

Menurutnya, ada dua hal yang harus dievaluasi, yaitu evaluasi nasional tentang diadakan pengisian kuisioner dan hasilnya ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Selain itu, juga indikasi sedikitnya jemaah haji yang meninggal dunia. Ditambahnya petugas dari Kemenag Pusat. Dan terakhir, makin baiknya layanan catering di Arab Saudi.

Kemudian, lanjut Sahid tentang evaluasi Intern Kabupaten Tuban. Untuk Kabupaten Tuban jemaah yang meninggal hanya satu orang dari kelurahan Kingking Kecamatan Tuban kota Kabupaten Tuban.

Sedangkan indikasi keberhasilan pelaksanaan Ibadah Haji di Tuban dicontohkan olehnya, tidak ada satu koper pun yang ditinggal di Indonesia maupun di Arab Saudi, karena membawa barang yang dilarang ataupun over load timbangan.

“Hal ini  bukan disebabkan oleh satu pihak saja, akan tetapi atas guyub rukun dan sengkuyungnya semua pihak yang telah ikut andil dalam pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2018, jika ada kesalahan kecil-kecil itu wajar manusiawi,” terang Sahid.

Selain itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban juga menyampaikan bahwa mulai pagi hari ini diadakan pengukuhan kepengurusan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) tingkat kecamatan, dan akan berlangsung selama sepuluh hari untuk 20 kecamatan yang  diakhiri tanggal 25 Oktober 2018.

Kemudian disinggung juga olehnya, mengenai rencana reuni haji yang rencananya akan diadakan di pendopo Kabupaten Tuban yang diikuti sekitar 5 (lima) ribu orang yang dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2018.

Terakhir disampaikan juga oleh pihaknya,  mengawali kegiatan persiapan ibadah haji 2019. “Tanggal 30 dan 31 Oktober 2018 akan diadakan sosialisasi pembuatan Paspor JCH dan  Sosialisasi BPJS bagi Jemaah Calon Haji,” pungkas pejabat kelahiran Gresik ini. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker