Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Pemasangan APK Semrawut, KPUD Minta Caleg dan Parpol Patuhi Aturan

Pemasangan APK Semrawut, KPUD Minta Caleg dan Parpol Patuhi Aturan

1 November 2018 6:53 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Tak adanya aturan yang pasti terkait dengan lokasi yang tidak diperbolehkan untuk dipasang Alat Peraga Kampanye (APK) dan ukurannya, membuat pemasangan APK disejumlah lokasi di Kabupaten Tuban nampak Semrawut.

Dari pantauan reporter kimronggolawe.com di lapangan tampak sejumlah APK dari parpol maupun calon wakil rakyat yang terpasang disembarang tempat. Bahkan ironisnya, ada beberapa APK tersebut dipaku di pohon yang tertanam di pinggir jalan.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban, Kasmuri, SE saat menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 di salah satu resto di Tuban, Kamis (01/11) meminta agar para calon legislatif dan parpol mematuhi aturan yang berlaku. Yakni memasang APK sesuai dengan Perda Kabupaten Tuban.

“Mereka harus menyadari bahwa daerah mana saja yang tidak boleh dipasang. Dalam aturan PKPU tidak dijelaskan secara rinci untuk pemasangan APK ini, seperti wilayah mana yang boleh dipasang, terus berapa besar ukurannya. Berbeda dengan Pemilihan sebelumnya untuk hal ini diatur secara rinci,” keluh Kasmuri.

Namun jika melanggar ketentuan yang berlaku, lanjut Kasmuri, misalnya memasang di kawasan yang dilarang sesuai Perda, maka Panwas dan Satpol-PP Tuban berhak menertibkan hal ini. “Tidak dijelaskan secara detail, namun acuan kami adalah Perda untuk kawasan mana saja yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan,” kata komisioner KPU asal Palang ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini KPU Tuban juga akan menyerahkan sejumlah APK terhadap setiap calon sesuai dengan desain yang mereka kirim sebelumnya ke KPU. Bahkan untuk kampanye di media sosial juga sudah diatur dalam PKPU, bahwa setiap calon wajib mendaftarkan akun media sosialnya ke KPUD Tuban. [CH/AM]

Komentar Facebook