BERITA KIM RONGGOLAWEPERTANIAN

Permudah Pemasaran Petani, DPKP Lakukan Pasar Lelang

KIM Ronggolawe – Masyarakat Kabupaten Tuban yang saat ini berprofesi sebagai petani cabe merah keriting tak perlu risau dalam memasarkan hasil panen mereka. Melalui Bidang Perkebunan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban membuat trobosan baru yakni pasar lelang cabai merah keriting.

Kepala Bidang Perkebunan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban Lamidi, SP Jumat (02/11) saat dikonfirmasi menyampaikan, pasar lelang merupakan strategi paling tepat untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan lembaga pemasaran, sehingga dapat menguntungkan bagi semua pihak. Untuk menekan biaya pemasaran hasil pertanian maka ada tiga cara yang dilakukan pihaknya.

Ketiga cara tersebut, menurut Lamidi diantaranya, mempertinggi efisiensi lembaga pemasaran, misalnya dengan menggunakan teknologi baru dalam perlakuan fisik barang dalam pemasaran. Kemudian, mengubah sistem pemasaran, misalnya menumbuhkan lembaga pemasaran yang baru contoh pasar lelang, dan mengurangi pelayanan-pelayanan yang berlebihan yang dianggap menambah biaya tanpa bisa menaikkan output yang berarti.

“Untuk menyelematkan para petani kita membuat sistem pasar lelang. Sebelumnya pemasaran dilakukan dengan cara pengumpulan dari petani ke tengkulak ke pedagang pengepul baik kecil maupun besar,” kata pejabat yang juga ketua PSHT Kabupaten Tuban ini.

Bagi Lamidi, upaya untuk memberikan yang terbaik bagi petani perkebunan terus digalakkan. Hal ini sebagai upaya untuk membuat mereka sejahtera dan bisa hidup makmur dengan profesi mereka sebagai petani. Selain mengadakan pasar lelang dirinya juga terus memberikan penyuluhan atau pembinaan terhadap masyarakat di kecamatan dan desa. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button