BERITA KIM RONGGOLAWEPARIWISATAPEMERINTAHAN

Dinsos P3A dan Tagana Tuban Salurkan Bantuan Kepada 310 Jiwa Pengungsi Eksodus Palu

Harsono Tri Asworo, Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos P3A Kabupaten Tuban, saat memberikan bantuan secara simbolis

KIM Ronggolawe – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban menyalurkan bantuan kepada 310 jiwa pengungsi eksodus Palu, Sulawesi Tengah asal Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Penyaluran bantuan tersebut berupa uang tunai, yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Plumpang, Rabu (19/12) yang dihadiri ratusan peserta yang mendapat bantuan serta disaksikan oleh Camat dan Pemerintah Desa.

Moch. Zainuri selaku koordinator Tagana Kabupaten Tuban menyampaikan, penerimaan bantuan tersebut terdiri dari Desa Sumberagung 34 KK atau 102 Jiwa, Desa Magersari 29 KK atau 92 Jiwa, Desa Penidon 19 KK atau 77 Jiwa, Desa Kedungsoko 2 KK atau 7 Jiwa dan Desa Plandirejo 13 KK atau 32 Jiwa dengan total penerima 5 Desa 97 KK atau 310 Jiwa, yang keseluruhannya berasal dari Kecamatan Plumpang.

Sementara itu, Harsono Tri Asworo, Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos P3A Kabupaten Tuban dalam sambutannya menyampaikan, penyaluran bantuan pengungsi eksodus Palu dari Pemkab Tuban melalui Dinas Sosial P3A kabupaten sebagai pelaksana.

Adapun sumber dana tersebut, lanjut pria berkacamata ini, berasal dari partisipasi masyarakat, karyawan, PNS, karyawan dunia usaha yang dihimpun oleh Dinsos P3A. “Per jiwa Rp. 450.000,- untuk 310 jiwa,” imbuhnya.

Penyaluran bantuan tersebut katanya, berdasarkan yang sudah terdata oleh Pemdes melalui rekomendasi yg dikirimkan Camat ke Dinas Sosial P3A Tuban. “Penekanannya uang yang diterima agar digunakan untuk kebutuhan utama, dan bagi yang di tempat asal sudah merintis pekerjaan, kiranya dapat uang tersebut juga digunakan untuk tambahan modal kerja,” harapnya kepada para pemerima bantuan.

Selain uang tunai yang disalurkan, pihaknya juga telah mengusahakan untuk koordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk advokasi kependudulan agar diberi kemudahan dalam mengurus KTP bagi yang akan pindah kependudukan. “Selain itu juga kita berusaha Koordinasi dengan Diknas dan Kemenag agar administrasi Kelembagaan secara Formalitas segera terselesaikan bagi anak-anak pengungsi,” terang pria asli Kerek ini.

Sejumah pengungsi eks bencana Palu saat menerima  bantuan dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban

Di tempat yang sama, Iswanto salah satu pengungsi di Magersari mengatakan dirinya bersyukur sekali dapat bantuan Pemerintah dan TAGANA. Karena bantuan ini akan dijadikan tambahan modal untuk usaha Jualan ikan di pasar.

Iswanto mengaku, sudah tidak berniat balik kembali ke Palu, karena trauma dan ingin dekat dengan keluarga di rumah. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button