Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Semen Gresik Monitoring Sejumlah OMS Penerima Manfaat Dana CSR di Jenu

Semen Gresik Monitoring Sejumlah OMS Penerima Manfaat Dana CSR di Jenu

10 Januari 2019 6:15 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Bertempat di pendopo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban tim  Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M – SG) bersama dengan Kasi Bina Lingkungan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Menggelar acara monitoring terhadap 10 Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) yang telah menerima kucuran dana Corporate Social Responsilibility (CSR) Kamis, (10/01).

Dalam kegiatan tersebut yang menjadi sasaran monitoring adalah Pokdakan Sekerta Desa Kaliuntu, Ketapang Kite Club (KKC) Desa Glondonggede, Karang taruna Desa Karangasem, Bank Sampah Kencana Madya Desa Temandang, KUB Maslahul Ummah Berdaulat Desa Pongpongan, serta PKK Desa Sumurgung.

Hadir dalam kegiatan tersebut koordiantor Forum Masyarakat Kokoh (FMK), Bappeda Tuban, perwaklian PT. Semen Indonesia Persero Tbk, P2M –  SG, Pemerintah Kecamatan, OMS, Pemdes, sejumlah media serta berbagai unsur masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Siswanto, selaku Kasi Bina Lingkungan PT SI, menyampaikan bahwa dana 250 juta yang direalisasikan ke FMK melalui P2M – SG adalah usulan dari masyarakat (botton up) sehingga diharapkan tepat sasaran.

“Dari PT SI dalam program CSR tak hanya ini saja, tapi banyak yang lainya. Seperti beasiswa anak, pertanian green belt, dan lain – lain harapannya masyarakat juga berpartisipasi dalam program ini untuk kemandirian ekomoni berbasis kelompok,” Harap Siswanto.

Sementara itu dari Bappeda Tuban yang diwakili oleh Satriya A, menyampaikan turut bangga dan mendukung program CSR PT SI, yang berkomitmen terhadap pemberdayaan.

” Tujuan monitoring ini adalah untuk mengetahui secara langsung kegiatan yang telah berjalan, selanjutnya nanti ada evaluasi untuk mengetahui titik mana yanh harus diperbaiki, dan bagi OMS penerima manfaat semoga mampu berkembang untuk lebih produktif,” ujarnya.

Sedangkan pererwakilan dari Pemerintah Kecamatan Jenu, Zainul Arifin, menyampaikan ucapan terima kasih atas teselenggaranya kegiatan monitoring tersebut.

“Kami sangat mendukung program pemberdayaan masyarakat yang berbasis ekonomi produktif untuk pergerakan perekonomian serta mampu menyerap tenaga kerja,” Ujar kasi PMD itu.

Terpisah Kartana, ketua OMS KKC Glondonggede, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah sama – sama terlibat dalam program ini.

” Alhamdulillah jumlah produksi layang-layang kami semakin banyak setelah mendapat bantuan dari PT SI. Sangat bermanfaat bagi organisasi kami,” Pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator FMK Maju Bersama Kecamatan Jenu, Rifqi Mukhlason, pria yang juga sebagai ketua Karang Taruna Kecamatan Jenu tersebut menyampaikan terima kasih atas komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan P2M- SG yang selalu mendampingi OMS yang menjadi penerima manfaat dalam Pemberdayaan.

Diketahui OMS yang telah mendapatkan kucuran dana CSR dari perusahaan berpelat merah tersebut yakni, PKK Desa Sumurgung mendapatkan alokasi dana Rp. 35 juta yang digunakan untuk pemberdayaan wisata agrobisnis dan budidaya ikan, KUB Maslahul Umat Berdaulat Desa Pongpongan mendapatkan Rp. 32.740.000 yang digunakan untuk peningkatan usaha ayam petelur, kemudian Karang Taruna Desa Karangasem memperoleh Rp. 30 juta yang diperuntukan bagi usaha intregasi ( potong rambut, bengkel dan tambal ban) serta Protesa (kaki palsu).

Sedangkan Bank Sampah Kencana Madya Desa Temandang memperoleh kucuran dana sebesar Rp. 55 juta yang digunakan untuk pengembangan fasilitas bank sampah, serta Ketapang Kite Club (KKC) Desa Glondonggede mendapatkan dana sebesar Rp. 8 juta yang dialokasikan untuk peningkatan produktifitas layang – layang. [AM/HA]

Komentar Facebook