BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

UPZ Semen Indonesia Dapatkan Penghargaan Dari Pemkab Tuban

KIM Ronggolawe – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Pabrik Tuban mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam katagori UPZ Perusahaan teroptimal. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein kepada Wakil Ketua UPZ Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto pada upacara 17-an di halaman Kantor Pemkab Tuban, Kamis (17/01).

Menurut Siswanto, pada tahun 2018 UPZ Semen Indonesia mampu menghimpun dana sebesar Rp 1,4 miliar ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban. Dana hasil zakat yang disetorkan ke Baznas tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 1,3 miliar. ‘’Mudah-mudahan pada tahun 2019 ini dana zakat karyawan Semen Indonesia yang kita kelola semakin bertambah,’’ ungkapnya.

Siswanto menerangkan bahwa dana yang didapatkan UPZ disetorkan ke Baznas, kemudian oleh Baznas dikembalikan sebesar 70 persen untuk dikelola oleh UPZ perusahaan. Dan yang 30 persen dikelola oleh lembaga zakat milik pemerintah itu. “Sehingga dana yang kita kelola digunakan berbagai macam kegiatan sosial adalah sebesar 70 persen dari dana yang kita setor ke Baznas,’’ ungkapnya.

Pada tahun 2018 yang lalu UPZ Semen Indonesia digunakan untuk berbagai kegiatan sosial antara lain bantuan bisyaroh ustad dan ustadzah TPQ sebesar Rp 407.000.000. Selain itu, juga ada bantuan berupa kambing untuk masyarakat miskin produktif (Banmaspro) yang terbagi 6 kelompok dengan bantuan senilai Rp 180.000.000. Ada pula bantuan bedah rumah warga miskin (Bertuah) pada tahun 2018 sebanyak 6 unit rumah.

‘’Selain bantuan tersebut di atas, UPZ juga digunakan untuk membantu operasi pembuatan anus untuk warga miskin di Kecamatan Kerek, dan masih ada beberapa lagi kegiatan sosial yang kita lakukan,’’ tandasnya.

Sedangkan untuk tahun 2019, Siswanto mengatakan, pengurus UPZ Semen Indonesia masih melakukan rapat dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Diharapkan zakat dari karyawan PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban yang selama ini rutin melakukan zakat setiap bulannya dan dapat bertambah nominalnya.

‘’Semoga dana zakat yang kita kelola pada tahun ini dapat naik, sehingga apa yang dapat kita lakukan untuk masyarakat dapat lebih banyak lagi,’’ pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button