BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dapat Hibah Mobil Perpustakaan Keliling

KIM Ronggolawe – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Tuban mendapatkan bantuan hibah 1 unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional RI alokasi tahun 2018 kemarin. Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Tuban, Joko Prijono saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/02).

Joko menceritakan, pemberian bantuan hibah MPK tersebut berawal saat dirinya selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mendampingi anggota DPRD Tuban yang beberapa waktu lalu Kunjungan Kerja (Kunker) ke Perpustakaan Nasional RI. Pada saat itu, pihaknya memaparkan tentang program dan inovasi perpustakaan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Saat itu kami disuruh mempresentasikan program-program kami, dan alhamdulillah kepala Perpusnas RI merespon positif apa yang kami sampaikan. Sehingga, kami mendapatkan prioritas bantuan hibah MPK alokasi 2018 tersebut,” kata pejabat kelahiran 1966 tersebut.

sehingga, pihaknya menindaklanjuti dengan membuat proposal pengajuan. Padahal, imbuhnya banyak kabupaten atau kota yang sebelumnya sudah antri mengajukan lebih dari 3 tahun belum terealisasi.

“Dalam jangka waktu 1 – 2 bulan kami sudah mendapat jawaban pada akhir tahun kemarin (2018). Terus kita ambil ke Jakarta dan kita serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban. Dan secara simbolis mobil tersebut sudah diserahkan kepada kami kemarin (18/02) saat upacara oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda,” terangnya.

Harapannya, dengan bantuan MPK ini bisa menjawab tantangan global yang saat ini sarat teknologi dan informasi yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya wilayah pedesaan, karena mereka haus akan informasi. Sehingga dengan bantuan MPK ini bisa membantu ekspansi pengembangan informasi perpustakaan ke desa-desa bahkan ke desa terpencil.

“Kita ingin menjangkau luasan layanan perpustakaan dan pemahaman terhadap pengetahuan peningkatan kapasitas semakin berkembang dalam rangka penguatan gerakan literasi di Bumi Wali Kabupaten Tuban,” sambung Joko menjelaskan.

Tak hanya itu, Joko akan terus mendorong dinas yang dipimpinnya untuk lebih giat lagi untuk mengembangkan layanan perpustakaan sampai ke daerah terpencil sekalipun. Sehingga penguatan gerakan literasi yang akan mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Tuban bisa terwujud.

Perlu diketahui, Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) bantuan hibah dari Perpusnas RI tersebut merk/tipe kendaraan Mitsubishi Triton warna biru kombinasi yang sudah didesain. Adapun kelengkapan dan fasilitasnya yaitu: 600 judul buku 1.200 eksemplar, 1 unit televisi 32 inci, 1 unit genset, 1 unit UPS, dan 1 paket DLS (Digital Library System). [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button