Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Madrasah di Tuban Terapkan Ujian Berbasis Android

Madrasah di Tuban Terapkan Ujian Berbasis Android

27 Februari 2019 5:43 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, yakni Madrasah Ibtidaiyah, tahun ajaran 2018/2019 tidak hanya melaksanakan ujian berbasis komputer, tetapi juga mulai menerapkan sistem ujian berbasis android sehingga lebih praktis dan efisien.

Hal ini di sampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tuban, Hj. Siti Maulidiah, SH, dalam acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan UASBN dan UAMBD MI, Rabu, (27/02) di aula Kemenag Tuban yang di hadiri oleh seluruh Pengawas MI, Kepala MIN dan Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) se Kabupaten Tuban.

Dengan diadakannya inovasi pendidikan di Madrasah, diharapkan mutu pendidikan kita khususnya untuk sekolah tingkat dasar yang berciri khas Islam atau yang disebut dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan mengalami kemajuan serta dapat membantu anak didik dalam mempersiapkan diri agar dapat memenuhi kebutuhannya.

Hal ini tak lepas dari 5 unsur budaya kerja yang terus di galakkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tuban, di antaranya Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab dan Keteladanan.

“Hal ini menjadikan murid menjadi lebih fokus mengerjakan soal, membutuhkan pengawas ujian yang tidak banyak, selain itu juga efisien dalam biaya, meskipun semua ada plus minusnya, akan tetapi harus diambil manfaat terbanyak dari inovasi ini,” imbuh perempuan berpenampilan enerjik ini.

Menurut dia, ujian dengan sistem berbasis android merupakan upaya mengatasi kelemahan sejumlah sekolah yang terkendala terbatasnya peralatan komputer.

Ujian berbasis android sukses dilaksanakan tahun lalu oleh jenjang MA dan MTs se Kabupaten Tuban dengan sistem CBT (Computers Bassed Test), tahun ini di susul MI. Semua soal dikerjakan siswa menggunakan telepon seluler. [CH/AM]

Komentar Facebook