BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Konsumsi Makan Ikan di Kabupaten Tuban Sudah Melebihi Standar Jawa Timur

KIM Ronggolawe – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban melalui program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melaksanakan kegiatan “Tuban Sea Festival 2019” sekaligus Soft Opening Plaza Ikan Tuban di Jalan Panglima Sudirman, Selasa (26/02).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tuban, H. Fathul Huda didampingi Hj. Qodiriyah Fathul Huda yang merupakan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, para Kepala OPD dan camat di lingkungan Pemkab Tuban dan para undangan lainnya.

Ir. Amenan, MT selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Gemarikan merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan oleh dinasnya.

“Maksud kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan gizi ikan khususnya pada masyarakat, khususnya ibu-ibu atau anak-anak yang ada di kawasan pesisir dan terkhusus bagi anak usia sekolah,” kata Amenan.

Pejabat yang pernah menduduki sebagai Kabag Kesra Setda Tuban ini menambahkan, dengan dibangunnya tempat pelelangan ikan terpadu atau Plaza Ikan ini dinasnya telah membuat terobosan bagaimana brand perikanan atau brand masyarakat nelayan yang kotor, kumuh, jorok dan seterusnya, maka dengan adanya plaza ikan ini mulai dikenal tempat yang bersih, sejuk, nyaman dan seterusnya bisa menginspirasi kita semua.

Adapun tujuannya, sambung Amenan, mendorong minat dan pengetahuan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makan ikan, meningkatkan gizi masyarakat, meningkatkan kesehatan bagi generasi muda dan meningkatkan kualitas produk.

“Alhamdulillah konsumsi makan ikan Kabupaten Tuban mencapai sebesar 38,6 persen, angka tersebut sudah melebihi standar Jawa Timur,” imbuhnya.

Menurutnya, kalau Jawa Timur masih 34 kilo gram per orang per tahun, sedangkan Kabupaten Tuban sudah mencapai 37,9 kilo gram per orang per tahun. Itu artinya, untuk protein hewan khususnya ikan Kabupaten Tuban sudah melebihi standar Jawa Timur.

Pada kegiatan tersebut, terdapat rangkaian kegiatan lainnya, diantaranya diawali Jalan Sehat yang diadakan oleh masyarakat sekitar plaza ikan yang meliputi 3 kelurahan, yaitu Kingking, Karangsari dan Sidomulyo. Kemudian, bazar produk olahan ikan yang diikuti puluhan stand, aneka lomba yang menyasar PKK 20 kecamatan, anak-anak dan masyarakat umum. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button