Sasar WBP, KPU Ingin Maksimalkan Partisipasi Pemilih

KIM Ronggolawe – Sebagai upaya memaksimalkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilpres 17 April mendatang, KPU Tuban bekerjasama dengan Lapas IIB Tuban melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di aula Lapas, Jumat (15/02).

Yayuk Dwi AS, komisioner KPU Tuban saat dikonfirmasi usai melaksanakan sosialisasi menyampaikan, pada prinsipnya semua warga negara mempunyai hak yang sama bagi mereka yang mempunyai hak pilih termasuk para WBP. Sehingga KPU melaksanakan kegiatan sosialisasi di Lapas karena mereka pasti kekurangan informasi, karena itu pihaknya yang datang untuk memberikan informasi yang utuh tentang pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

“Kita melihat Pemilu serentak 2019 ini membutuhkan kesiapan yang ekstra karena agak sedikit rumit berbeda dengan Pemilu lainnya. Sehingga kita harus intens untuk melakukan sosialisasi di manapun berada, terutama WBP karena jumlahnya yang sangat banyak,” tutur komisioner KPU divisi SDM dan Partisipasi masyarakat ini.

Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas, menurutnya akan ada 2 TPS, sebab menurut data yang dimiliki pihaknya total ada 388 hak pilih yang akan menggunakan hak pilihnya. Terkait pemilih yang dari luar Tuban nantinya akan menyesuaikan surat suara yang diterima. Kalau mereka ada yang dari luar provinsi maka hanya akan mendapatkan hak 1 surat suara (surat suara Pilpres).

“Tadi juga sudah kami jelaskan kepada mereka terkait jumlah surat suara yang akan diterima karena tidak sama dan harus menyesuaikan dengan masing-masing daerah mereka dari mana asalnya,” imbuhnya.

Memang diakui pihaknya, para WBP banyak yang tidak mengenal para Calon Legislatif (Caleg) yang akan dipilih, mereka hanya mengetahui para calon presiden dan wakil presiden saja. Meski begitu, pihaknya telah mensosialisasikan melalui spacement surat suara bagaimana cara memilih yang benar dan rata-rata mereka sudah mengerti.

Sementara itu, Kapalas IIB Tuban, Sugeng Indrawan menambahkan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi dari KPU Tuban. Sebab 2019 momen yang sangat penting terkait Pileg dan Pilpres serentak bagi warga negara Indonesia termasuk WBP. Harapannya dari total 420 WBP per 15 Februari ini bisa tercover semua dan bisa menggunakan hak pilihnya. Meskipun mereka nanti yang akan memilih di sini sekitar 388 WBP karena sisanya sudah bebas pada saat hari pelaksanaan 17 April 2019.

“WBP juga punya hak pilih sama dengan masyarakat lainnya, sehingga mereka juga berhak mendapatkan informasi dan sosialisasi untuk mengetahui kapan pelaksanaan Pemilu serentak 2019,” imbuh Sugeng.

Pihaknya berharap, pada Pemilu 2019 nanti partisipasi pemilih meningkat, sebab diakuinya antusias WBP saat ada pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) kemarin sangat bagus. [CH/AM]