Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » 80 WBP Narkoba Ikuti Pembinaan dan Fasilitasi Kewirausahaan

80 WBP Narkoba Ikuti Pembinaan dan Fasilitasi Kewirausahaan

13 Maret 2019 6:30 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Kabupaten Tuban menggelar kegiatan yang bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, di aula Lapas setempat, Rabu (13/03).

Kegiatan yang melibatkan 80 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari tahanan narkoba dan kesehatan tersebut dibagi dalam 2 sesi, masing-masing sesi berisikan 40 WBP dan direncanakan dilaksanakan selama 2 hari, yakni Rabu (13/03) dan Jumat (15/03).

Kalapas IIB Tuban, Sugeng Indrawan dalam keterangannya di depan para wartawan menyampaikan, kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat, karena Lapas bekerjasama dengan Diskoperindag terkait pembinaan manajemen UMK dan fasilitasi kewirausahaan.  Sedangkan BNNK Tuban memberikan penyuluhan kepada WBP kasus narkoba yang secara khusus mendapatkan pembinaan dan pelatihan ini.

“Harapan dari kegiatan ini, nanti pada saat mereka keluar atau bebas, selama mereka menjalani pidana mendapatkan pembinaan, kegiatan dan pelatihan yang mudah-mudahan bisa menjadi bekal mereka saat kembali kepada keluarga dan masyarakat,” ujar Sugeng.

Karena kegiatan ini diperuntukkan bagi WBP kasus narkoba, Sugeng menandaskan, mereka juga menjalani tes urine. “Ini baru 8 WBP yang menjalani tes urine, jadi baru bisa diketahui hasilnya nanti sore usai kegiatan,” sambungnya.

Meski demikian, pihaknya berharap untuk hasil tes urine ini hasilnya negatif, baik pegawai maupun WBP. Tapi jika ada yang terindikasi positif, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan tim medis karena dimungkinkan juga karena obat resep dokter, bukan narkoba atau zat adiktif. “Insyaallah Lapas Tuban Bebas Narkoba,” ungkap Sugeng memastikan.

Adapun jenis kegiatannya bagi WBP, Sugeng memastikan bahwa Diskoperindag akan memfasilitasi sesuai minat dan bakat masing-masing WBP. “Difokuskan pada kerajinan pernak pernik sovenir dan pembuatan karangan bunga. Hari ini teorinya, besok jumat praktiknya,” pungkas Sugeng. [CH/AM]

Komentar Facebook