Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » BPJS Ketenagakerjaan dan Sarbumusi Tuban Jalin Kerjasama, Ini Targetnya

BPJS Ketenagakerjaan dan Sarbumusi Tuban Jalin Kerjasama, Ini Targetnya

14 Maret 2019 6:29 pm | diplublikasikan oleh |

 KIM Ronggolawe – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tuban terus berupaya memperluas jaringan mitra kepesertaan dan agen. Kali ini BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan kerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Tuban, di kantor BPJS setempat, Kammis (14/03) siang.

Rofiul Masyhudi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban menyampaikan, ini adalah penandatanganan kerjasama (MoU) antara BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban dengan DPC Sarbumusi Tuban. Dengan tujuan, seluruh anggota Sarbumusi akan bahu membahu turut memperluas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Seharusnya tanpa inipun, Sarbumusi sudah merupakan tugas pokoknya meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan memenuhi hak dan kewajibannya, diantara hak dasarnya adalah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Rofiul.

Pria berkacamata ini menandaskan, kegiatan ini juga menjadi ikatan dalam bentuk agen program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai). Jadi ke depan Sarbumusi bisa menerima pembayaran dan iuran BPJS Ketenagakerjaan dari anggotanya. “Jadi langsung eksekusi, kartu bisa diambil dari kami dan saat melakukan proses transaksi ke sistem tersebut, otomatis yang terjadi telah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Adapun target kepesertaan, Rofiul menegaskan akan mengcover semua anggota Sarbumusi di Bumi Wali Tuban, mulai dari Badan Otonom (Banom) yang ada pada Nahdlatul Ulama (NU), lembaga pendidikan yang dibawah naungan LP Ma’arif Tuban, perusahaan-perusahaan yang ada anggota Sarbumusi didalamnya, termasuk UMKM, petani dan nelayan. “Targetnya universal Coverage atau perlindungan total,” tegasnya.

Harapannya, karena anggota Sarbumusi di Bumi Wali Tuban ini jumlahnya sangat banyak, mudah-mudahan segera secepatnya dapat dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Daftarnya juga tidak usah jauh-jauh harus ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jalan WR. Suparatman Tuban, tapi cukup di agen Perisai Sarbumusi.

Sementara itu, Irhamsyah, Ketua Umum DPC Sarbumusi Tuban menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi telah diberi kepercayaan bersama BPJS Ketenagakerjaan. Sarbumusi senantiasa berkomitmen mendorong seluruh pekerja baik formal maupun nonformal supaya bisa tercover di BPJS Ketenagakerjaan.

Terkait target, pihaknya mengaku sudah melakukan maping (pemetaan) terutama para guru yang berada di bawah naungan LP Ma’arif juga pekerja UMKM, koperasi dan para penggerak komunitas, seperti pengurus BUMDes. “Minimal bisa membumikan bahwa ini adalah ranah publik yang harus dilakukan oleh setiap orang,” ucap Irhamsyah.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan memaksimalkan 5 agen Perisai di masing-masing wilayah, dan ditargetkan bisa mengembangkan apa yang sudah menjadi komitmen bersama, sehingga bisa menyasar hingga akar rumput. [CH/AM]

Komentar Facebook
Tags:
Categorised in: ,