Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji 2019 Bagi JCH di Tuban

Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji 2019 Bagi JCH di Tuban

25 Maret 2019 8:51 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Kegiatan bimbingan manasik haji 2019 yang diselenggarakan oleh Semen Indonesia mulai mulai digelar. Opening ceremony berlangsung di Graha Sandiya komplek Perumahan Dinas (Perumdin) Semen Gresik di Tuban yang dihadiri pula oleh Senior Vice President (SVP) of production, Joko Sulistianto selaku manajemen dari perusahaan Semen Indonesia, serta Kyai Haji Ubaidillah Faqih dari Pondok Pesantren Langitan Tuban, Senin (25/03) malam.

Pada tahun ini jumlah peserta bimbingan manasik haji sebanyak lebih dari 600 orang. Jemaah Calon Haji (JCH) ini berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Tuban sebagaimana pada pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Semen Indonesia menyediakan transportasi antar jemput beserta, suvenir, buku panduan, fasilitas tempat dan konsumsi yang semuanya secara gratis diberikan perusahaan plat merah ini.

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi yang terdiri dari 4 sesi penyampaian materi dan 1 sesi praktik dengan detail kegiatan sebagai berikut, pertama yakni acara ceramah mengenai “Hikmah Haji” oleh Kyai Haji Ubaidillah Faqih dari Ponpes Langitan Tuban yang bersamaan dengan opening ceremony hari ini. Berikutnya adalah materi perihal serba-serbi haji yang disampaikan Kyai Haji Abdul Matin Jawahir dari Ponpes bejagung pada tanggal 29 Maret mendatang.

Selanjutnya, di bulan April para JCH akan diberikan materi “Thoharoh, sholat jama’ dan qashar” yang akan disampaikan Kyai Haji Jalaludin dari Kecamatan Bancar pada tanggal 03 April 2019. Kemudian pada tanggal 10 april JCH diberikan materi “Haji Tamattu’” oleh Kyai Haji Muhammad Nurul Yaqin dari Tuban. Pada sesi terakhir para Jemaah Calon Haji akan melakukan bimbingan untuk melakukan praktik Haji Tamattu’ di tanggal 14 April 2019 mendatang.

Dalam sambutannya SVP of production PT. SI, Joko Sulistyanto menyampaikan bahwa kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke 15 kalinya sejak tahun 2004 yang lalu. “Hal ini merupakan bagian dari CSR perusahaan di bidang Semen Indonesia peduli,” tandasnya saat membuka acara.

Joko menerangkan, setiap tahunnya jumlah peserta kegiatan bimbingan manasik haji ini sedikitnya mencapai 75 persen dari total keseluruhan JCH dari Kabupaten Tuban. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta harmonisasi antara perusahaan dengan instansi terkait, dan masyarakat umumnya di wilayah Kabupaten Tuban Selain itu mendorong semangat employee volunteerism atau kesadaran personel karyawan untuk terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui Tim Manasik Haji Semen Indonesia yang selama ini terbentuk.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga melalui bimbingan manasik haji ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal pengetahuan para Jemaah Calon Haji agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci,” pungkas Joko Sulistyanto menutup sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, PT Semen Indonesia juga menjalin kesepakatan dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) tentang penyelenggaraan manasik haji bersama Kemenag Tuban. [CH/AM]

Komentar Facebook